Home » Lain-lain » [OPINI] BUKAN SEKEDAR HARAPAN PALSU

[OPINI] BUKAN SEKEDAR HARAPAN PALSU

logoKKlip 

                Sebagaimana yang kita ketahui, tanah air kita Indonesia adalah negara kepulauan yang terkenal sangat kaya. Bukan hanya kaya akan budaya yang sangat beragam, Indonesia juga dikenal dengan kesuburan tanah, kekayaan laut dan hutan serta sumber daya energi dan mineral yang melimpah. Dalam bidang pertambangan misalnya, negara kita memiliki tambang tembaga dan emas kualitas terbaik di dunia, tambang emas yang terletak di Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua. Dan yang lebih mencengangkan lagi jika tembaga dan emas tersebut menipis, lapisan dibawahnya juga terdapat mineral uranium yang harganya bisa mencapai 100 kali harga emas. Indonesia juga mempunyai cadangan gas alam terbesar di dunia. Antara lain di Blok Natuna dan Blok Cepu yang menghasilkan sekitar 200 kaki kubik minyak bumi dan gas alam.

              Jika dilihat dari kualitas tanah, negeri kita juga merupakan negeri yang sangat subur. Hampir semua lahan di negeri kita bisa ditanami berbagai macam tumbuhan. Negeri kita juga tercatat sebagai negara dengan laut terluas di dunia. Dikelilingi Samudra Pasifik dan Samudra Hindia membuat sumber daya laut Indonesia sangat kaya. Berbagai jenis ikan, udang, dan hasil laut lainnya sangat melimpah. Selain itu Indonesia adalah negara dengan hutan terluas di dunia, bahkan Indonesia disebut sebagai paru-paru dunia terbesar. Bila dilihat dari aspek pariwisata juga Indonesia mempunyai keindahan alam yang sangat indah yang dapat memikat para wisatawan dari dalam negeri maupun luar negeri, seperti Raja Ampat, Pulau Komodo, Danau Toba dan Pantai Kuta yang telah terkenal sampai ke luar negeri.

Namun dengan kekayaan yang sangat melimpah tersebut, mengapa Indonesia tidak lebih maju dan berkembang dari negara tetangga kita seperti Singapura dan Malaysia? Apa yang salah dengan negara kita? Mengapa negara yang kaya ini justru didiami oleh masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan? Mengapa justru negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah harus terus bergantung pada negara asing? Apa dan siapa sebenarnya yang salah? Mungkin pertanyaan-pertanyaan itulah yang ada di benak kita jika melihat keadaan negeri kita sekarang.

            Keadaan suatu negara tentu sangat bergantung pada rakyat yang ada di negara tersebut. Namun peran pemimpin juga sangatlah penting dalam kemajuan suatu negara, termasuk negara kita Indonesia. Kita sebagai rakyat Indonesia pasti mempunyai cita-cita yang sama yaitu menjadikan Indonesia menjadi lebih baik. Cita-cita dan harapan itu kita gantungkan pada pundak pemimpin negeri ini. Pemimpin yang kita harapkan bisa membawa perubahan, pemimpin yang bisa mewujudkan harapan dan cita-cita seluruh rakyat Indonesia.

Pemilu jadi saat dimana kita menentukan pilihan, saat dimana kita menentukan nasib negeri kita sendiri lima tahun ke depan. Setiap penyelenggaraan pemilu kita sebagai rakyat Indonesia mempunyai hak yang sama untuk menentukan dan memilih pemimpin yang kita nilai layak untuk memimpin negeri ini. Saat pemilu jugalah kita mendengar banyak janji-janji manis terucap. Namun saat mereka terpilih untuk menjadi pemimpin, janji itu seakan terlupakan. Janji manis itu seakan tak pernah terucap dari mulut pemimpin-pemimpin negeri ini. Tapi kita tak bisa serta merta menyalahkan mereka saja, kita juga patut untuk disalahkan karena telah salah memilih pemimpin negeri ini.

            Pemilu 2014 sebentar lagi akan dilaksanakan, banyak calon yang telah menyatakan akan maju pada pemilu ini. Ini saatnya kita memakai hak pilih kita dengan menggunakan hati nurani, bukan dengan alasan-alasan yang bersifat pribadi ataupun kelompok. Sudah saatnya kita mengenyampingkan keuntungan sesaat seperti uang dan jabatan. Saatnya kita memilih pemimpin karena benar-benar layak. Pemimpin yang mempunyai kapabilitas untuk memimpin dan memajukan negeri yang tercinta ini. Pemimpin yang benar-benar prorakyat, pemimpin semua golongan termasuk golongan minoritas dan golongan-golongan terpinggirkan. Kita harus sadar bahwa negara ini butuh pemimpin yang benar-benar memimpin dengan hati, bukan pemimpin yang gila harta, gila kekuasaan, atau pemimpin yang sekedar mengumbar janji-janji dan harapan palsu pada waktu pemilu.

Facebook Comments

About Adi Putra Saragih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif