Home » Rubrik Khusus » Fey's Corner » Scammer Menipu Wanita Indonesia yang Tinggal di Eropa

Scammer Menipu Wanita Indonesia yang Tinggal di Eropa

1384994_10153403578910230_1682993073_a“ Ibu, saya ngga nyangka kalau dia scammer, padahal saya tahu soal scammer sejak lama karena sering dapat message dari mereka, tapi ngga pernah saya ladenin. Saya ngga pernah cari pacar lewat internet , tapi mengapa kali ini saya tertipu ? Uang saya melayang 1800 euro bu. ”

Demikian pesan yang saya terima dari seorang wanita muda dan cantik sebut saja namanya Diana. Ia berasal Indonesia dan saat ini tinggal di kota X, Eropa.

Bulan Oktober tahun lalu Diana berkenalan lewat internet dengan seorang pria bernama Captain Ralph Forrest . Ia mengaku US Army asal San Fransisco tapi sedang tugas di Kuwait. Alasan sipria menjadi tentara Amerika karena orang tuanya meninggal di tragedy WTC. Sejak itu mereka mulai berteman, sering chat dan bertukar pesan tapi Diana tidak pacaran.

Beberapa bulan kemudian Diana mendapat kiriman photo photo dari Ralph tapi tak ada satupun yang berseragam US Army. Dalam salah satu photo tersebut terlihat dia sedang memegang mangkuk berisi gemstones warna warni.

Batu permata yang kata si Ralph berharga jutaan dollar ini akan dikirim kepada Diana tapi dengan syarat , Diana boleh ambil sedikit dan sisanya dijual. Dana hasil penjualan untuk membantu anak anak yatim di Amerika. Siapa yang tak senang mendengar niat baik seorang dermawan ditambah lagi Diana sangat suka sekali batu permata.

13827060961366441454_300x238.33333333333Tak lama kemudian Diana diminta memberikan alamatnya di Eropa tapi sayang alamat yang ia berikan salah. Saat Ralph mengatakan bahwa gemstones sudah di kirim dari Kuwait kealamat Diana di kota X. Ia sangat shock dan mulai panik lalu mengatakan pada Ralph bahwa alamat yang ia berikan salah. Diana sangat khawatir batu batu permata itu hilang dalam perjalanan.

Beberapa hari kemudian ada seseorang menelpon mengaku bernama Mrs Avril Cummings dan mengatakan bahwa paket berisi gemstones telah tiba di Benin City, Nigeria tapi tak bisa dilanjutkan pengirimannya ke Eropa karena alamatnya salah. Paket harus di titip di airport dengan biayanya 100 euro perhari atau pakai direct flight tapi

biayanya 1000 euro.

Diana makin kalang kabut karena saat itu tak punya uang, lalu ia menelpon Ralph dan menceritakan semua. Diana diminta untuk membayar dulu apa yang diminta sipenelpon tadi, katanya nanti akan diganti dari hasil penjualan gemstones . Saat itu ia percaya saja lalu membayar 1000 euro agar paket langsung dikirim.

13827061761196855634_300x249.93581514763Dari hari kehari Diana menunggu tapi paket belum juga sampai, sebaliknya dari pihak Benin City, Nigeria minta lagi uang tambahan dan dijamin paket segera sampai di kota Y dan dalam beberapa jam akan sampai di kota X, Eropa. Diana pun kirim uang lagi. Total uang yang terkirim 1800 euro.

Kali ini Diana diminta ke airport untuk mengambil paket yang dititipkan pada seorang kurir bernama Mr. Bobo Princewill dari Universal Express. Ia percaya saja lalu pagi pagi berangkatlah Diana menuju airport. Hingga malam hari menunggu tapi si kurir tak juga muncul. Diana berkali kali menghubungi Ralph tapi alasannya macam

macam.

Esok paginya Diana mendapat berita bahwa paket tak dapat di kirim ke kota X karena tertahan di airport Y. Alasannya saat bagasi melewati pemeriksaan X ray di situ ketahuan ada banyak batu permata. Untuk itu paket ditahan sampai ada sertifikasi dari laboratorium gemstones di South Africa. Diana lagi lagi diminta biaya sebesar 1400 euro. Iapun menelpon Ralph dan memakinya habis habisan. Ia baru sadar telah ditipu mentah2 oleh scammers asal Africa. Tentu 13827070601520191487_300x208.125saja setelah ketahuan belangnya si Ralph berlenggang dan menghilang.

KESIMPULAN KISAH DIANA :

Saya minta Diana untuk mengirim photo photo dan email si scammer Ralph. Hasil yang saya dapat adalah sbb :

1. Ralph mengetahui dari hasil chatting dengan Diana bahwa wanita ini berjiwa sosial dan suka sekali batu permata. Maka ia menggunakan siasat akan mengirim barang kesukaannya untuk dijual dan hasilnya disumbangkan kepada yatim piatu di Amerika. Hati siapa yang tak tergugah mendengar begitu dermawannya si teman maya.

2. Saya cek photo gemstones tersebut , ternyata photo diambil dari “gemhunter.webs.com” Disitu terlihat jelas bahwa kertas putih diatas gemstones aslinya bertuliskan “ Colours” lalu tulisan tersebut diganti menjadi “ Personal Valuables of Capt. Ralph FORREST, 223rd Military Intelegence Battalion – Basrah. IRAQ “ tak heran tulisannya miring.

3. Penerima uang di Nigeria yang mengaku bernama Avril Cummings dengan email avrimars@yahoo.com. Setelah saya check email tsb di FB ternyata namanya Raphael Forrest

4. Kurir dari Universal Express bernama Mr. Bobo Princewil dengan email universallogisticsdelivery@live.fr . Setelah saya cek, di FB yang muncul adalah nama Trendy Raplh.

5. Email email yang diterima Diana dengan nama berbeda ternyata orangnya satu yaitu Ralph Forrest. Dia sudah mengganti nama di FB menjadi Raphael Forrest dan Trendy Ralph dengan photo photo sama dan teman temannya kebanyakan Nigeria.

6. Website http://www.universalexpresslogistics.com seperti tertulis pada tanda terima pengiriman barang TIDAK ADA. Memang di Kuwait ada perusahaan jasa pengiriman barang bernama Universal Logistic dengan alamat website ASLI : http://www.universallogistics.ca/

7. Email dari Universal Express yang diberikan pada Diana universallogisticsdelivery@live.fr adalah email gratisan ciptaan scammers.

Diana sangat terkejut setelah melihat semua temuan saya. Tak pernah terpikir olehnya untuk meneliti terlebih dahulu sebelum mengirim uang. Sayang saya tak dapat menemukan pemilik asli photo yang di curi scammer.

Scammer ngga peduli kita ada dimana dan asal dari mana. Mereka ngga peduli rumah tangga kita hancur, mereka ngga peduli kita pinjam uang sana sini. Bagi mereka yang penting dapat uang dengan berbagai cara. Jika berhasil mereka tertawa terpingkal pingkal, jika gagal mereka marah dan memaki lalu cari mangsa lagi.

Jangan percaya ketika ada orang baru kenal sudah mau kirim hadiah mahal atau uang jutaan dollar. Biasanya mereka cari photo photo hadiah tsb dari Google lalu mengirimnya pada calon korban. Cewek mana yang ngga termehek mehek mau dikasih hadiah super mewah apalagi plus titipan uang.

1382706213240299250_300x249.93581514763Sesungguhnya kita tak akan mampu menghentikan kejahatan scammers ini, mereka akan terus berkembang biak. Maka satu satunya cara adalah mengingatkan diri kita sendiri , keluarga dan teman teman agar selalu waspada dan hati hati karena scammers mengintai kita setiap hari.

Semoga Allah SWT melindungi kita semua dari kejahatan dunia maya ataupun nyata. Amin.

Keterangan photo :

1. Ngaku Captain Ralph Forrest

2. Terlihat photo  gems di crop lalu pindahkan seolah sedang dipegang

3. Photo asli dicuri scammer  dari gemshunter.com

4. Bukti pengiriman paket palsu

5. Tulisan diatas Gem hasil editan dan miring

Catatan Penulis :

Terima kasih untuk “Diana” di Eropa yang telah mengirim photo photo dan mengizinkan saya untuk menulis kisahnya.

Facebook Comments

About fey down

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif