Home » Rubrik Khusus » Fey's Corner » Anton Purnama, Penipu di FB Menggunakan Photo Curian Milik Lettu Abu Bastian

Anton Purnama, Penipu di FB Menggunakan Photo Curian Milik Lettu Abu Bastian

 

Beberapa hari lalu ada seorang wanita namanya mbak RM mengirim pesan bahwa dia telah ditipu oleh ANTON PURNAMA yang menggunakan photo photo Lettu Abu Bastian.

Begitu saya check FB nya , ternyata dia pakai photo profile curian . Photo itu milik saya saat bertemu dengan mas Abu Bastian. Di situ ada water mark Feydown. Dasar penipu ngga tau malu!

Modus :

Baru kenal sehari sudah manggil sayang, mamah dll. Tak lama kemudian janji akan menikah tapi minta uang dengan berbagai alasan.

https://www.facebook.com/anton.purnama.184

index

1966804_10151932259961905_1112626686_n

AbuDokumentasi Pribadi

Photo ini milik saya di curi oleh si ANTON PURNAMA

Inilah kisah RM yang diceritakan pada saya :

Salam hormat dan salam kenal dari saya.

Nama saya RM, asli Indonesia dan menetap di Malaysia. Di sini saya ingin berbagi kisah bahwa saya adalah korban penipu bernama Anton Purnama yang memakai photo photo Abu Bastian. Perlu ibu ketahui bahwa saya berteman dengan Abu Bastian palsu lebih kurang dua bulan lalu. Selama berteman kami saling curhat selayaknya sepasang kekasih.

Suatu hari , Anton meminjam uang pada saya dengan alasan untuk berobat ayahnya yang sedang sakit. Setiap hari dia merayu minta tolong pada saya. Tanpa menanyakan alamat rumahnya saya percaya saja mengirim uang yang diminta sejumlah 3 juta rupiah. Anton berjanji akan mengembalikan pada akhir bulan nanti. Namun kenyataan berkata lain, kini Anton memblok saya di FB dan tak tahu rimbanya.

Ini data data si penipu Anton Purnama : No HP : 087717645925–089669962089
No Rekening : BANK BCA, Atas Nama : GIRI PAWAKA RAHARJA, No akun : 303-040-4806

Masalahnya sekarang ini, kesan saya tentang Anton alias Abu Bastian palsu ini begitu mendalam karena selama ini saya merasa begitu bodoh telah berhubungan dengan penipu. Saat itu saya merasa sedang menjalin cinta dengan lelaki tampan. Ternyata photo photo itu milik Abu Bastian. Saya baru tahu dua minggu lalu kalau si Anton itu penipu.

Berawal saat saya memasang photo Abu Bastian di Redaksi Jejak Kasus. Lalu ada yang mengatakan pada saya bahwa itu photo Lettu Abu Bastian. Sejak itu saya terus mencari FB Abu Bastian yang ternyata banyak sekali dan semua palsu.

Saya sangat memohon sekali pada bunda Fey agar diizinkan bercakap dengan Abu Bastian ASLI. Walaupun hanya lewat telpon saya sangat bersyukur sekali. Jujur saya sangat malu atas apa yang saya lakukan selama ini. Saya ingin minta maaf pada Abu Bastian asli karena kebodohan saya yang telah terobsesi oleh wajah tampan yang terpampang di profil Anton Purnama.

Saya mohon bantuan bunda Fey untuk menyelesaikan masalah saya ini. Apakah uang saya bisa kembali bun? Semoga Allah SWT membalas semua kebaikan bunda. (Salam RM)

Saya berusaha bicara dari hati ke hati dengan RM, bahwa uang yang sudah hilang tak akan kembali. Soal bicara dengan Abu Bastian asli saya tak bisa janji. Sayapun memberikan link “Kompasiana ” pada RM agar ia bisa mempelajari tipuan keji dunia maya.

Tak lama RM mengirim pesan kedua :

Bunda….saya sudah membaca artikel artikel bunda . Terkadang saya tertawa pada diri sendiri, kadang turut prihatin pada korban yang mengalami nasib seperti saya. Setelah saya memahami semua cerita yang ada , saya merasa diri saya ini begitu bodoh. Kenapa saya tak mengetahuinya dari mula?

Semua karena kurangnya info dan berita2 semasa yang saya trima. Disebabkn faktor posisi saya yang ada di sini tapi saya rasa bersyukur sudah mengetahuinya sekarang. Terima kasih bunda untuk ilmu yang bermanfaat ini. Semoga Allah SWT yang akan membalas nya, amiin..

Kalau saya pikir2 mengapa saya bisa jadi korban ya? Padahal saya ini orang yang paling sulit ditipu. tapi kenapa saya tewas juga.? Tapi semua ini saya ambil hikmahnya saja. Mungkin rezeki manusia itu yang di titipkan Allah melalui saya. Uang Rp 3 juta itu nggak kemana kok, semoga Allah yang akan menggantinya dan membalas kejahatan orang itu.

Akhirnya saya malah berpikir kenapa bukan saya saja yg menipu orang karena itu bukan hal sulit bagi saya. Maaf ya bunda ,,itu lah yang terlintas di pikiran saya . Mungkin itu hanya selintas bujukan setan di telinga saya. Nauzubillah.

Ada kisah lucu yang saya baca di artikal bunda dan saya tersenyum sendiri :

“Kalau dia jujur mngeluarkan gambar aslinya tak ada seorangpun yang mau berteman dengannya, tapi apabila dia menggunakan photo orang ganteng atau ternama ramai wanita yang memuji dan menurut saja apa yang di suruhnya.”

Scammer cinta benar2 luar biasa. Disini memang menunjukkan bahwa kepandaian seorang wanita itu akan gampang mencair bila di suguhkan dengan sosok yang begitu sedap dipandang mata. Lalu hilang semua logika. Luluh hati untuk sedia memberi apa saja yang diminta sang jejaka tampan tersebut. Intinya disini saya hanya mengambil hikmah atas kejadian ini. Saya sangat berharap sekali jangan lagi ada korban berjatuhan dan senantiasa berwaspada.
Benar apa yang bunda katakan bahwa kita tak bisa menghentikan kejahatan bajingan2 di dunia maya ini tapi kita lah yg harus menjaga dan sentiasa berwaspada. Tak akan berlaku kejadian kalau tak ada kesempatan. Kesempatan yang empuk itu adalah kita sendiri yang tak waspada dan membuka ruang untuk bajingan2 itu.

Dalam kasus saya disini , jujur saya sudah malu sekali karena membuka aib sendiri dengan jelasnya. Mungkin bunda sudah membaca dialog saya dengan si Anton itu. Namun apa mau dikata semua sudah terjadi. Semoga kisah ini bisa dishare dan menjadi tambahan pedoman bagi teman teman lain.

Sekali lagi saya ucapkan terima kasih pada bunda atas ilmu dan info yang bermanfaat ini.Semoga kita semua senantiasa dalam limpahan kasih sayangNYA, Amin. Wassalam, RM

DIJEBAK RELAWAN WASPADA SCAMMER CINTA.

Geram dengan kelakuan nih penipu, sayapun minta seorang relawan namanya S yang rajin ngerjain penipu lalu pura pura GR kenalan sama ANTON PURNAMA.

Ternyata baru sehari kenal sudah minta transfer uang dengan alasan membantu warga korban kerusuhan di Irian Jaya. Nomor rekening bank sama seperti diatas dan ditambah satu lagi atas nama TASMA, BCA no rek : 303-040-4806, ngakunya itu nomor rekening pak lurah di Irian Jaya

Bukti bukti pesan dari Anton Purnama untuk S :

Kesimpulan kisah RM dan jebakan S

  1. ABU BASTIAN ASLI SUDAH TUTUP AKUN FB NYA.
  2. Uang RM tak akan kembali.
  3. Untuk berkomunikasi dengan mas Abu Bastian , saya ngga bisa janji tapi kisah RM akan saya sampaikan pada mas Abu.
  4. Saya telpon nomor HPnya ngga berani angkat
  5. Nama nama di akun bank BCA adalah nama asli komplotan penipu
  6. Merasa dimaki maki di wall, si Anton tak lagi menghubungi S.

INGATLAH SELALU WAHAI WANITA INDONESIA YANG SEDANG MENCARI PASANGAN JIWA :

Jangan pernah percaya pada photo kalau belum lihat congor si cowok.

Ajak video call jangan pakai lama, kalau banyak alasan, I am sorry good bye

Jangan pernah kirim uang dengan alasan apapun. TITIK!

Jangan mau disuruh photo bugil karena akan jadi bumerang untuk memerasmu.

SALAM WASPADA!!

Terima kasih untuk mbak RM yang telah berbagi kisahnya, juga untuk S yang rela memancing sipenipu.

Facebook Comments

About fey down

2 comments

  1. katedrarajawen

    ya ampun ada korban lagi, cinta memang bisa membuat kehilangan akal sehat hehe..makanya masih dijadikan modus

  2. andai saya bisa menceritakan pengalaman saya yg juga menjadi korban "Romance Dating Fraud"dmn saya bisa bekeluh kesah,, dan berbagi cerita juga pengalaman

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif