Sayang

Malam itu si dede khusyuk berdoa sebelum tidur. Saya menemani di sampingnya. Setelah itu si dede mengatakan dengan lembut bahwa ia sayang mami, papi, kakak, kakek, nenek, om ini, tante itu. Satu per satu disebutnya semua saudara. Entah apa yang menghilhaminya malam itu.

Ketika menyebut nama demi nama saudara pikiran saya terkontaminasi kotoran bati, berharap si dede tidak menyebut beberapa nama yang kyrang berkenan. Tetapi si dede menyebutkan semua nama itu.

Tentu saja saya merasa malu. Diam-diam. Tidak berani membuka rahasia ini kepada si dede. Say bahagia si dede bisa melakukannya. Lalu kami saling berpandang dan melempar senyum,

Bila menyayangi dengan tulus tentu tidak akan berbeban. Sebab berasal dari hati yang terdalam. Kalau sayangnya pakai acara pilih-pilih seperti pilih buah di pasar. Bagaimana ada kebebasan dan bahagia?

Lagi-lagi rasa malu itu tidak mau pergi apalagi mengingat seringkali dalam doa _ketika sedang sadar_ mengucap,”Semoga semua makhluk berbahagia, damai dan terbebas dari penderitaan.”

Ini ketika si dede ada niat ingin menyayangi saudara-saudaranya malah diam-diam saya menghalangi? Keterlaluan, bukan?

Beginilah ketika kesejatian belum menjadi pribadi keseharian. Bisa menjadi baik dan jahat dalam waktu sehari atau bahkan dalam hitungan menit.

Contoh: Sedang khusyuk beribadah dalam doa yang indah, tiba-tiba ada yang ada yang berteriak memanggil. Celakanya yang memanggil tak tahu waktu dan terus berteriak.

Seketika di antara doa, hadir gumaman,”Sialan itu orang, kagak tahu ini lagi berdoa apa?”

Pernah jua pengalaman sendiri, ketika ada yang bertanya arah jalan dan setelah dijelaskan langsung saja pergi tanpa menengok lagi atau mengucapkan kata ‘terima kasih’. Langsung di dalam benak berujar,”Kurang ajar tuh orang, udah dibantu malah tak tahu terima kasih!”

Setelah itu baru menyesal ceritanya. Ini namanya kebaikan berpamrih. Tidak tulus. Kok menolong masih berharap terima kasih.

Sungguh sayang kebaikan yang ada sampai harus ternodai oleh kotoran batin atau pikiran kotor yang masih ada. Kapan bisa sadar diri dan kesejatian selalu menemani?

katedrarajawen@pembelajarandarisebuahperistiwa

ilustrasi gambar : desispectryani.blogspot.com

Facebook Comments

About katedrarajawen

One comment

  1. Ya gitu deh bang Kate hati anak anak polos dan bening banget pokoknya semua orang baik aja seandainya bisa meminta sama Tu :hope han pasti saya dan semua juga mau punya ahti yag polos murni suci tanpa kontaminasi kaya Ade dan bayi bayi lucu lainnya tapi kan ga mungkin juga krn justru dr kontaminasi hati itulah kita belajar agar lebih baik lagi ya ga sih bang :hope

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif