Home » Rubrik Khusus » Ketik'ers Zoom » Sedikit Tentang Tjiptadinata Effendi

Sedikit Tentang Tjiptadinata Effendi

tjipta3Sebelumnya, saya mengenal Pak Tjiptadinata Effendi hanya melalui dunia maya dan tidak pernah berpikir beliau merupakan sosok yang hebat dalam perjuangan hidup dan sudah banyak memberikan inspirasi dan penyembuhan kepada banyak orang di berbagai pelosok Indonesia.
Belakangan saya baru tahu dari mesin pencari Google, ternyata Pak Tjiptadinata Effendi yang kelahiran Padang 21 Mei 1943 ini adalah seorang grandmaster reiki dan pendiri Yayasan Waskita Reiki yang sudah banyak membantu banyak orang. Selain itu ternyata sudah banyak buku juga yang sudah dihasilkan beliau selama ini.
Diantaranya: The Power of Dream – Kekuatan Impian, Enlightenment – Pencerahan Diri, Transformasi Diri, dan Esoterik: Teknik Menyerap Kekuatan Alam.Buku-buku yang telah banyak memberikan inspirasi. Karena sudah dicetak ualng berkali-kali.
Sebelumnya saya hanya sebatas tahu Pak Tjipta ini adalah kompasiner (penulis di Kompasiana) yang sudah pensiun dari dunia usaha. Karena di profilnya juga tidak menulis gelarnya yang mentereng dan buku-buku yang telah dihasilkan.
Dalam usianya yang sudah mencapai angka 70 tentu boleh dikatakan Pak Tjipta adalah pribadi yang sangat enerjik. Pergi ke mana-mana masih bisa menyetir mobil sendiri dengan ditemani istrinya yang setia, Ibu Roselina.
Satu hal yang terpenting adalah memiliki kerendahan hati. Sebab pengalaman hidup telah mengajarkan padanya.Itulah yang selalu dibawa Pak Tjipta ke mana pun pergi. Tidak pernah mentang-mentang dengan statusnya.
tjipta4Dari kisah-kisah hidup beliau yang sudah dituliskan tentang perjuangan hidupnya saya yakin sedikit banyak telah menginspirasi sebagian orang.
Saya menyelami apa yang Pak Tjipta kisahkan tentang perjalanan hidupnya sampai kemudian dapat bepergian ke lima benua. Bukanlah untuk menyombongkan pencapaian. Tetapi lebih kepada untuk memberikan motivasi kepada kita. Bahwa bila ada kemauan dan ketekunan, maka apa yang menjadi harapan kita akan menjadi kenyataan.
Terbukti selama ini beliau tidak pernah memamerkan pencapaiannya sebagai seorang grandmaster reiki atau sebagai penulis yang sudah menulis banyak buku.
Bagi kita seringkali ada ‘kegatalan’ untuk memamerkan berderet prestasi atau pencapaian dengan gamblang kepada umum. Tapi Pak Tjipta tidak demikian.
Kerendahan hati beliau juga diwujudkannya dengan mengundang sebagian teman-teman di dunia maya untuk bertemu dengan memberikan jamuan makan sebagai tanda persahabatan.
Jadi ketika saya mendapatkan undangan tentu merasa terkejut. Karena saya bukanlah siapa-siapa. Yang ke mana-mana masih pakai motor butut.
Merasakan beliau begitu perhatian dan mau repot-repot menghubungi saya sungguh merasa salut. Itulah sebabnya undangan beliau saya penuhi sebagai rasa hormat. Padahal sebenarnya saya sedang ada urusan.
Tentang kerendahan hati adalah hal yang indah bila dapat dipraktikkan dalam kehidupan. Untuk hal yang satu ini, saya lihat Pak Tjipta sudah dapat menjadikan sebagai prinsip hidup. Bukan sekadar teori lagi.
Sebagai seorang seorang penulis di dunia maya saat ini Pak Tjipta pun terlihat sangat terbuka dalam berinteraksi. Selalu bersedia membalas kometar-komentar yang masuk dan tak segan berkunjung ke tulisan kompasianer lainnya.
Kisah hidupnya yang getir. Pada suatu makan untuk makan saja susah. Disepelekan dan dihina saudara. Atas perlakuan yang menyakitkan itu, Pak Tjipta mengatakan bahwa beliau tidak dendam. Tapi justru mendapat pelajaran berharga. Bahwa beliau tidak akan melakukan hal yang sama kelak bila sudah berhasil.
Ini pun sudah dibuktikannya menjadi kenyataan dengan tidak melakukan pembalasan atas perlakuan yang pernah diterimanya ketika sudah sukses.
tjipta2Ada yang tak terlupakan atas pribadi yang luar biasa ini. Selain pengalaman hidup adalah sosok Ibu Roselina yang selalu mendampingi ke mana pun pergi.
Pak Tjipta yang kini bermukim di Australia ini di masa tuanya benar-benar digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat bagi sesama. Salah satunya menyebarkan inspirasi kehidupan dan berani melepaskan hidup dari yang namanya mengumpulkan kekayaan.
Padahal kalau mau, dengan mudah Pak Tjipta bisa mengumpulkan uang dari kemampuan ilmu reiki yang beliau miliki. Tapi itu tidak dilakukannya. Satu pencapaian pelepasan yang boleh menjadi inspirasi bagi kita. Bahwa hidup semata bukan untuk uang.
Facebook Comments

About katedrarajawen

15 comments

  1. I love pak Tjipta dan Bu Lina

  2. Kangen ingin ketemu lagi dengan Pak Tjipta dan Bu Roselina…

  3. katedrarajawen

    Fan berat nih Bu Fey? hehehe :sungkem

  4. tjiptadinata effendi

    Aduh..saya sudah menerka dari mulai baca awal tulisan ,ini pasti Pak Kate..ternyata benar…Pak Kate..terima kasih ,untuk apresiasinya. Tapi saya sungguh tidak sehebat itu pak Kate.saya juga banyak kelemahan dan kekurangan.
    Apresiasi ini akan saya jadikan motivasi diri,agar terus belajar menata diri.untuk selalu menulis hal hal yang kiranya bermanfaat. Sekali lagi terima kasih .Oya,sejak kemarin saya dan istri sudah berada di Perth,dirumah putra pertama kami. Besok rencananya teman temn berkenan datang kerumah…

    • katedrarajawen

      Terima kasih Pak Tjipta, saya kira memang ada sesuatu kelebihan yang layak diangkat, soal foto itu saya cuma muat satu, selebihnya dari admin, saya lihat ada di FB Pak Tjipta juga. Demikian Pak. Selamat menikmati akhir tahun yang menyenangkan bersama keluarga :thanks2

  5. tjiptadinata effendi

    Oya,bagaimana caranya pak Kate bisa mendapatkan foto foto di artikel ? Hmm hebat..foto dirumah makan Padang…saya sendiri sudah lupa hehe

  6. tjiptadinata effendi

    Mbak Fey Down.ditunggu besok yaa.

  7. tjiptadinata effendi

    Terima kasih mas Odi..semoga kita jumpa lagi tahun mendatang ya mas.salam hangat dari kami

  8. Memang beliau luar biasa.Saya suka beliau yang Low profile.Sekarang saya banyak belajar tentang kehidupan lewat tulisan beliau. Hati jadi adem.
    Salam sama ibu Bapak :)

  9. tjiptadinata effendi

    Mbak Fidia…koq wajahnya jadi pink yaa..terima kasih ..kita semuanya saling belajar Mbak Fidia.Salam hangat juga dari kami yaa

  10. tjiptadinata effendi

    Pak Kate,koq foto profile saya jadi hilang yaa.? hmm ntar saya coba update lagi …

  11. Pak Tjipta dan Ibu Rose benar-benar sosok inspiratif. Beliau berdua sudah memetik buah yang manis dari pahitnya kehidupan di masa lalu. Salam hormat saya untuk beliau-beliau dan untuk Mas Kate thx sudah sharing :)

    • Mas Ryan.ketemu lagi.. senang sekali…Kita semua nya saling belajar mas… sungguh.. Karena tidak ada yang sempurna di dunia ini…Saya juga belajar dari tulisan Mas Ryan, tulisan Pak Kate dan teman teman..Salam hangat dari musim dingin di Perth

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif