Home » SOSIAL BUDAYA » Gaya Hidup » Rekreasi » Cukup Jejak

Cukup Jejak

 

Menikmati liburan bersama keluarga, teman, sahabat  mungkin menjadi saat-saat yang paling menyenangkan bagi kita semua.  Kita tertawa bersama bercerita tentang yang indah-indah, bergurau, hati begitu dekat, kebahagiaan melanda setiap orang yang ada disekitar kita pada saat itu. Apalagi tempat wisata yang kita datangi sangatlah indah dan mempesona setiap mata yang memandang, membuat kita ingin lama-lama di tempat itu.

Tempat wisata adalah tempat dimana semua orang akan bergerombolan datang dan memenuhi antrian tiket masuk ke tempat itu. Liburan yaa hari libur adalah biang kerok dari kepadatan pengunjung di tempat wisata itu. Setiap musim liburan datang pasti tempat wisata akan mendapat pengunjung yang lebih dari hari biasanya, sebenarnya liburan di tempat yang penuh dengan orang itu kan tidak menyenangkan jatuhnya liburan kita tidak bebas, tidak leluasa dan terasa tidak menjadi milik pribadi. Apakah ini terjadi karena banyaknya orang di indonesia yang bekerja sebagai buruh dan karyawan sehingga setiap hari libur pasti penumpukan manusia terjadi di tempat wisata. Yaa entahlah mungkin bagi orang yang membaca nanti memiliki sebuah jawaban untuk saya mengapa fenomena liburan itu membuat tempat wisata penuh.

Mari kita duduk dan berbicara sedikit agak meneliti. Liburan – tempat wisata penuh- kepuasan hati- sampah dimana-mana. Saya akan berbicara tentang jalur aneh yang ada di kepala  saya ini. Pertanyaan besarnya adalah kenapa setiap liburan datang tempat wisata penuh dan orang-orang meninggalkan sampah ??, apakah ini fenomena kacang lupa kulitnya. Tempa-tempat wisata memberikan kepuasan dan kesenangan kepada para pengunjung tapi setelah mereka pergi mereka meninggalkan sampah-sampah yang berserakan.

Mengapa sampah ini selalu tertinggal. Apakah mereka lupa ?, apakah mereka orang-orang jahat?, apakah mereka berfikir ada petugas kebersihan yang membersihkannya?, atau mereka tidak sadar diri atau kacang yang lupa pada kulitnya. Ya fenomena kacang lupa kulitnya adalah dugaan terkuat saya.

Akan menghadapi HUT yang ke 69 tapi masyarakatnya masih belum bisa dewasa. Sampah kan mengurangi keindahan tempat-tempat wisata yang ada di daerah tempat kita tinggal, kan tidak pantas apalagi sekarang banyak sarjana dan semua wajib sekolah 12 tahun (di daerah saya).

Mari kita belajar dari para pecinta alam, mereka memiliki selogan “jangan tinggalkan apapun selain jejak kaki” nah ini baru bagus.. saya suka dan sedang belajar mengamalkan ilmu ini. Cukup jejak kaki saja yang ditinggalkan sampah-sampahnya di buang ke tempat sampah kalau tidak ada tempat sampah jangan  dijadikan alasan, sanggu saja pelastik besar dari rumah simpan itu sampah dan dibawa pulang. Selain memberikan kesan indah pada tempat wisata kita, kita juga telah membantu menjaga keindahan tempat wisata kepada pengunjung yang datang setelah kita. Pelajaran indahnya berbagi kebahagiaankan juga dapat tu. Kebahagiaan itu harus dibagi jangan dinikmati sendiri.

Mari berfikir bersama dan melakukan hal-hal yang bijaksana

Ingat ketempat apapun teman-teman berkunjung jika tidak bisa meninggalkan kebaikan silahkan tinggalkan jejak kaki.

CUKUP JEJAK KAKI#salingmengigatkan

 

Dari pojok kota raja

Benny Wijaya0809148:15pm

Facebook Comments

About bennywijaya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif