Home » SOSIAL BUDAYA » Gaya Hidup » Rekreasi » Tempat Wisata Paling Hits di Medan

Tempat Wisata Paling Hits di Medan

medan

Wisata kota yang menarik di Indonesia, buka cuma ada di Bali, Yogyakarta, Bandung, Malang, atau jakarta saja. Masih banyak kota besar lainnya di nusantara yang juga punya destinasi wisata menarik. Medan adalah salah satunya. Kota metropolitan di Sumatra Utara ini piunya segudang destinasi wisata kota yang seru untuk dikunjungi. Kalau tidak percaya, langsung saja Cek tiket Lion Airuntuk mendapat penerbangan murah ke Medan, dan kunjungilah tempat-tempat menarik berikut ini:

Istana Maimun

Istana Maimun adalah tempat yang cocok untuk wisata sejarah. Istana Maimun merupakan peninggalan kerajaan Deli yang didirikan oleh keturunan ke-9 kesultanan Deli bernama Sultan Maimun Al Rasyid Perkasa Alamsyah pada tahun 1888. Bangunan istana ini sangat megah, indah, dan unik. Bahkan situs resmi pariwisata Indonesia menyebut istana ini sebagai salah satu yang paling megah di Indonesia. Arsitekturnya diadaptasi dari budaya Melayu Islam atau Timur Tengah, India, dan Eropa. Selain nampak indah dari luar, istana ini juga punya interior yang menawan, lengkap dengan properti-properti khas Eropa. Di dalamnya juga ada banyak benda-benda peninggalan kerajaan Deli yang bisa kamu pelajari.

Kampung Keling

Di jaman dahulu, banyak orang India yang datang ke Medan untuk berdagang serta menyebarkan agama Hindu dan Budha. Ada juga yang datang untuk bekerja di perkebunan Tamil. Seiring berjalannya waktu, jumlah orang India yang datang ke Medan pun semakin banyak. Orang-orang dari India ini berkumpul di sebuah kawasan yang disebut Kampung Madras atau banyak dikenal dengan sebutan Kampung Keling. Bahkan di kawasan ini juga dibangun kuil Shri Mariamman untuk memenuhi kebutuhan religi orang-orang India tersebut. Sampai di tahun 1950, jumlah mereka pun berkurang karena sebagian terpaksa berpindah ke tempat lain untuk memenuhi kebutuhan ekonomi. Meskipun begitu, masih banyak orang India yang bertahan di kampung ini. Bangunan-bangunan dengan arsitektur khas India pun masih terjaga. Sekarang, tempat ini sudah jadi destinasi wisata yang unik di Medan. Tempat ini pun mendapat julukan ‘Little India’ di Sumatra Utara.

Taman Mora Indah

Taman Mora Indah atau biasa disebut Tamora indah adalah taman rekreasi yang lengkap di Tanjung Morawa. Tempat ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Di dalamnya, ada berbagai flora dan fauna serta dilengkapi taman bermain yang mengasyikan untuk anak. Belum cukup sampai di situ, Tamora juga punya fasilitas water park yang sangat menawan. Fasilitasnya pun lengkap dan mudah diakses karena lokasinya dekat dengan jalan raya.

Merdeka Walk

Merdeka Walk merupakan pasar jajanan yang terletak di tengah kota, tepatnya di area parkir lapangan Merdeka. Di pasar ini, terdapat berbagai aneka kuliner lezat yang dijual dengan harga terjangkau. Tempatnya pun cukup nyaman. Setiap meja di tata sebaik mungkin agar pengunjung merasa cozy. Di sekitarnya pun tumbuh pohon-pohon rindang sehingga membuat tempat ini menjadi sejuk saat siang hari. Jika malam tiba, pasar kuliner ini akan penuh dengan gemerlap lampu berwarna-warni yang sangat menawan. Pasar kuliner ini jadi tempat yang cocok untuk dikunjungi untuk melepas lelah dan lapar setelah seharian berkeliling kota Medan.

Museum Negeri Sumatra Utara

Mempelajarai sejarah dan budaya adalah nilai lebih dari sebuah kunjungan wisata. Di Medan, hal ini bisa dilakukan hanya dengan mengunjungi Museum Negeri Sumatra Utara yang ada di jalan H.M Joni No. 51. Di museum seluas 10.468 meter persegi ini, terdapat sekitar 6.799 koleksi benda-benda yang berhubungan dengan Sumatra Utara. Ada koleksi benda peninggalan zaman pra-sejarah, zaman masuknya pengaruh Hindu-Budha, zaman berkembangnya Agama Islam, sampai zaman perjuangan. Mengingat nama yang disandang oleh museum ini, sudah pasti di dalamnya terdapat juga koleksi-koleksi benda-benda tradisional khas Sumatra Utara. Bangunannya pun dirancang sesuai dengan karakter dari setiap kelompok masyarakat yang ada di Sumatra Utara seperti Melayu, Simalungun, Batak Toba, Mandailing, Karo, Nias, dan Pakpak. Museum ini juga sering disebut Museum H.M Joni karena letaknya yang ada di jalan H.M Joni. Ada juga yang menyebutnya Gedung Arca karena nama itu pernah disematkan saat pertama kali museum ini dibangun oleh Presiden Soekarno pada tahun 1954.

Sebagai kota besar, sudah pasti kalau tempat wisata yang ada di Medan bukan hanya kelima tempat yang sudah disebutkan di atas saja. Masih ada tempat-tempat menarik lainnya seperti penangkaran buaya Asam Kumbang, Galeri Rahmat, Vihara Adhi Maitreya, Danau Siombak, dan masih banyak lagi.

Jadi daripada pening pala kau, ayo kita pakansi ke Medan biar kau makin setil, bah.

Supaya perjalananmu ke Medan terasa lebih hemat,  jangan lupa Kunjungi reservasi.com untuk mendapat Tiket pesawat promo dengan penawaran harga terbaik. Horas!

Facebook Comments

About Admin

Menulis sebisanya..

Administrator KetikKetik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif