Home » SOSIAL BUDAYA » Gaya Hidup » Rekreasi » Jalan Jalan » Anda suka Burung ? Ikuti Wisata Ini

Anda suka Burung ? Ikuti Wisata Ini

Saat ini Bali sedang meningkatkan pembangunan pariwisata ramah lingkungan yaitu wisata yang bertujuan tidak semata-mata faktor komersial namun wisata yang dapat mengedukasi dan menjaga keseimbangan alam semesta. Contohnya wisata alam, yang memadukan sarana hiburan, rekreasi, konservasi, pendidikan dan penelitian, salah satunya adalah wisata kebun binatang.

Kini, telah juga dikembangkan wisata kebun bingatang yang khusus untuk pengembangbiakan burung, ada beberapa lokasi yang dapat dikunjungi di Bali. Wisata ini cocok untuk wisata keluarga, khususnya anak-anak untuk menambah pengetahuan mereka tentang alam sekitar dan juga cocok untuk anda pecinta burung.

Berikut beberapa lokasi wisata burung yang dapat dikunjungi di Bali:

Bali Bird Park (Taman Burung Bali)
Disini pengunjung tidak hanya melihat keragaman jenis burung yang ada dalam sangkar, namun juga dapat berinteraksi langsung dengan beberapa jenis burung yang dilepas bebas. Terletak di Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar Bali, taman ini memiliki 1000 ekor burung dari 250 spesies yang berbeda. Didukung oleh penataan yang asri membuat keindahan panorama alam yang menawan menarik para pengunjung. Dimusim liburan banyak dikunjungi oleh wisata siswa dari sekolah yang berbeda di Indonesia.

Taman Nasional Bali Barat
Anda pernah mendengar nama burung Curik atau Jalak Bali? Dilokasi inilah saat ini burung langka yang hampir punah tersebut diselamatkan dan ditangkarkan. Kegiatan penangkaran burung di Taman Nasional ini sering dijadikan kegiatan eco-tourism bagi wisatawan. Burung ini dapat disaksikan secara langsung dengan berjalan mengelilingi beberapa sangkar-sangkar yang besar. Taman ini berlokasi di Bali Utara di antara perbatasan Kabupaten Buleleng dan Negara.

Desa Petulu
Mungkin banyak yang belum mengenal desa ini, desa Petulu adalah sebuah Desa yang menjadi rumah atau tempat berkumpulnya ratusan burung Kokoan atau sering disebut burung Bangau Putih. Tempat ini terletak di Desa Petulu, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar yang juga sering disebut desa Kokoan. Memiliki pesona alam yang luar biasa dengan ratusan burung Kokoan yang berterbangan diangkasa dan hidup nyaman diatas pohon-pohon pelindung yang ada disepanjang jalan Desa ini. Musim kedatangan burung-burung ini adalah Bulan November hingga Maret untuk membuat sarang, bertelur dan menetaskan telurnya. Pada Bulan April anak burung sudah mulai belajar terbang, disiang hari burung akan terlihat berkurang karena mencari makan dan kembali ke Desa Petulu pada pukul 6 sore waktu setempat. Tidak ada warga desa yang merasa terganggun dengan kehidupan burung-burung tersebut, disinilah tampak keselarasan dalam kehidupan di Desa Petulu ini antara manusia dan alamnya.

Bali Zoo Park
Disebut juga Kebun Binatang Bali berlokasi di Sukawati, Kabupaten Gianyar Bali memiliki beragag jenis burung yang dapat dijumpai, diantaranya Burung Jalak Bali, Burung Merak, Burung Kasuari, dan Burung Kakaktua serta masih banyak lagi jenis burung lainnya. Di tempat ini kita tidak saja dapat menikmati berbagai spesies burung tapi juga kita dapat melihat species hewan lainnya yang hampir punah seperit buaya dengan ukuran yang besar dan kadal terbesar di dunia yaitu Komodo Dragon.

Setiap tempat menawarkan pemandangan dan suasana yang sejuk dan mendamaikan, jangan khawatir saat pengunjung lelah juga dapat dengan mudah menemukan restaurant atau sekedar tempat beristirahat. Setiap lokasi ini didukung oleh fasilitas pariwisata yang memadai.

Selamat berwisata

— Ni Kadek Suryani —

Sumber foto :http://aslibanget.com

Facebook Comments

About Ni Kadek Suryani

5 comments

  1. katedrarajawen

    Wah ternyata Bali banyak burung2 yang indah ya? Semakin lengkap saja tempat wisatanya

    • Ni Kadek Suryani

      Kalau mau diceritain satu persatu masih banyak kok hehe… tunggu aja keindahan Bali berikutnya..

  2. Vivi Tirta Wijaya

    Terima kasih infonya, Mbak. Bali semakin indah deh kalau begini https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif

  3. Romi Febriyanto Saputro

    Informasi yang bermanfaat tentang Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif