Home » SOSIAL BUDAYA » Gaya Hidup » Rekreasi » Unik » Perpustakaan Terbuka Gratis Atas Dasar Percaya

Perpustakaan Terbuka Gratis Atas Dasar Percaya

Ketika kami di Bonn, kami sengaja jalan-jalan ke daerah Bad Godesberg untuk melihat langsung perpustakaan terbuka gratis ini. Ruang kaca yang tampak lengang dari luar tapi terlihat banyak rak berisi buku di dalamnya, cukup menyolok keberadaannya. Perpustakaan terbuka gratis ini bukan perpustakaan kota, yang dikelola oleh pemerintah kota. Perpustakaan terbuka gratis ini sifatnya dari masyarakat, untuk masyarakat dan oleh masyarakat.

Kurang lebih jam 8 malam ketika kami tiba di sana, saya pun dengan suka cita membuka pintu dan melihat-lihat buku-buku apa saja yang terpajang di sana. Kondisi buku-bukunya cukup baik dan menarik, untuk turis seperti kami yang sedang mencari bacaan, meminjam buku dari perpustakaan umum gratis ini dapat menjadi pilihan, karena tidak perlu menjadi anggota dan bisa mengembalikannya kapan saja.

Lho ??? Betul di sinilah uniknya perpustakaan terbuka gratis ini. Siapa saja bisa meminjam, tidak ada batas waktu peminjaman, tidak ada syarat-syarat, dasarnya murni kepercayaan. Bahkan bila mau menukar dengan buku lain (jika tega) juga tidak ada yang protes. Namun, saya kira fasilitas hasil sumbangan banyak pihak untuk digunakan sebaik mungkin, harus menjadi tanggung jawab siapa saja.

Buku anak-anak juga ada, tersimpan di rak badut. Bagi saya, fasilitas seperti ini sangat baik, karena terkadang buku yang sudah kita baca, hanya memenuhi rak buku di rumah, tapi buku-buku itu untuk dibuang kan sayang, maka perpustakaan terbuka gratis inilah, tempat yang paling tepat untuk menampungnya. Bagi pecinta buku, tentu akan tahu bagaimana menghargainya dan memanfaatkannya. Simbiosa mutualisma, bukan …

13697355481750343324

Perpustakaan terbuka gratis Offene Buecherstube (dok pribadi)

 

13697355842052599963

Di dalam perpustakaan terbuka gratis (dok pribadi)

 

1369735618102849316

Tersedia bangku juga di dalam perpustakaan terbuka gratis (Offene Buecherstube) (dok pribadi)

 

Kisah pembukaan perpustakaan terbuka gratis ini cukup panjang. Inisiatifnya lahir dari yayasan masyarakat (Buergerinitiative) Bonn dan bagian pemasaran kota Bad Godesberg dengan sponsor dari penerbit Bad Godesberg untuk Deutsche Wirtschaft AG. Terealisasi baru tanggal 28. Juli 2006. Tempat ini kemudian menjadi tempat bertemu para penggemar buku di Bonn Bad Godesberg.

Luas ruang kaca ini hanya 14 m2. Ketika pembukaannya, banyak pengunjung yang datang membawa buku-buku yang akan disumbangkan di sini, agar raknya dapat segera penuh. Diantara pengunjung dan penyumbang juga ada walikota Horst Naaß dan pengawas daerah Annette Schwolen-Flümann.

Pemilihan tempat untuk perpustakaan umum gratis ini melalui survei yang panjang, tapi kemudian jatuh ke rumah kaca di City-Terrassen, yang dimiliki oleh sebuah Perusahaan Denmark Essex, sebetulnya tadinya rumah kaca ini diperuntukkan untuk penjaga gedung namun ketika pemiliknya mendengar ide pembukaan perpustakaan terbuka gratis ini, ia langsung setuju. Kemudian ia bahkan memberikan ruang kacanya dengan cuma-cuma dan membuka pagi jam 9.00 Uhr dan menutupnya malam jam 22.00 Uhr.

Selain sponsor dari penerbit di atas, untuk memperindah dan menjaga kebersihan pojok buku ini, berbagai perusahaan seperti perusahaan kayu, cleaning service dan masih banyak perusahaan lain juga beramai-ramai memberikan bantuan berupa barang dan tenaga. Semua pihak berusaha memeriahkan pojok buku ini karena membaca telah menjadi kebutuhan mereka.

Selain di Bonn, kota-kota lain di Jerman pun memiliki perpustakaan terbuka gratis sejenis, seperti terlihat beberapa di foto bawah ini. Bentuknya lucu-lucu, terkadang hanya rak saja teronggok di suatu pojok, atau di kabin bekas telpon umum. Bentuk tidak jadi persoalan, tapi ekpresi keingingan masyarakat ditampung oleh pemerintah kotanya dan tidak digusur keberadaannya, karena manfaatnya pun dihargai oleh pemerintah kota setempat. Mari membaca !!!(ACJP)

13351687831734782166

Sumber : http://unik.kompasiana.com/2013/05/28/unik-perpustakaan-terbuka-gratis-atas-dasar-percaya-560079.html

Facebook Comments

About

One comment

  1. wah keren yah…. banyak banget perpustakaanyya… kita bisa sering baca buku itu… kereeen…. semoga di Indonesia mendatang juga bisa gitu yah :D

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif