Home » SOSIAL BUDAYA » Motivasi dan Inspirasi » Inspirasi » Marketing Strategy, Pengantar Menuju Piala Dunia

Marketing Strategy, Pengantar Menuju Piala Dunia

Tentu banyak orang bermimpi bisa masuk perhelatan akbar piala dunia yang kali ini dilaksanakan di Brasil 2014. Meskipun bukan sebagai pemain atau masuk team peserta, namun melalui cara lain yaitu melalui produk usaha kita. Siapa yang tidak ingin produknya berjejer di pinggir lapangan dunia bersama Fly Emirates, Adidas, Sony atau Nike, ikut serta menjadi saksi sejarah yang dilihat jutaan mata. Ikut menyaksikan Arjen Robben dan Van Persie menari-nari bersama team Oranye, Ronaldo dan Neymar bertarung membawa kebesaran team mereka masing-masing atau riuh bersorak saat Messi terbang di udara menjemput bola.

Produk anda masuk perhelatan Piala Dunia? Bukan hal yang tidak mungkin. Ini adalah sebuah mimpi besar dan harapan setiap orang yang mempunyai usaha, tidak memandang apapun produknya, sebuah angan mengikuti global brands untuk mengibarkan logo di pesta dunia. Maka untuk meraih mimpi besar ini, kita harus memulainya dengan hal yang kecil, yaitu hal kecil dalam melaksanakan Marketing Strategy atau strategi pemasaran usaha di tingkat bawah. Ya, mulai dari sekarang, dari yang kecil pemasaran lokal menuju pemasaran global.

Bagi setiap usaha, tidak cukup hanya memiliki produk yang bagus, berkualitas, berstandar Internasional ataupun bervariasi tanpa didukung oleh kegiatan pemasaran yang strategis. Artinya diperlukan pemasaran yang berkelanjutan yang dapat menyasar pangsa pasar yang tepat atau konsumen yang pas dengan produk yang dipasarkan. Strategi Pemasaran merupakan kunci berhasilnya penjualan dari suatu produk.

Untuk memulai memasang strategi pemasaran, ada baiknya kita mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam kaitannya penyusunan strategi pemasaran pada suatu bisnis, disini dapat saya berbagi dari beberapa sumber yang saya baca:

Kenali Konsumen
Lakukanan survey terhadap konsumen atau pelanggan anda, buatlah susunan target konsumen yang akan menjadi pangsa pasar. Misalnya jika produk anda bergerak di bidang garment atau pembuatan pakaian ala Korean atau Jepang maka anda harus jeli membidik remaja dan para gadis yang identik serta demam akan pakaian jenis tersebut. Atau jika anda memproduksi martabak dengan sasaran anak-anak sekolah maka produk anda harus terspesifikasi martabak yang tidak pedas, mengingat anak-anak akan menghindari rasa pedas saat mengkonsumsinya.
Dengan mengenali dan mengidentifikasi pelanggan dengan tepat, akan dapat membantu anda menyusun strategi pemasaran yang efektif serta dapat membantu menghindarkan pengeluaran biaya dan waktu yang sia-sia.

Promosi dan Promosi
Pikirkanlan ide-ide kreatif sebagai bahan untuk memperkenalkan produk yang anda pasarkan. Lakukan promosi secara terus menerus dan konsisten sesuai pelanggan yang anda sasar. Misalnya untuk pakaian remaja yang anda pasarkan, lakukan penyebaran brosur ke sekolah-sekolah atau lakukan pemasaran melalui media sosial, mengingat penggunaan gadget saat ini telah banyak di kalangan remaja.
Cara pemasaran online saat ini dianggap cara yang paling efektif, selain anda dapat memasarkan langsung dengan memperlihatkan foto-foto produk, juga pelanggan dapat berinteraksi langsung dengan anda. Setiap pertanyaan pelanggan harus cepat ditanggapi, lakukan dengan ramah dan berikan informasi yang sebenarnya. Pelanggan yang nyaman saat berkomunikasi akan lebih percaya untuk berbelanja, bangun rasa percaya pelanggan saat berinteraksi.
Mengetahui strategi pemasaran competitor juga dapat anda lakukan untuk melihat dimana letak kekurangan anda dalam melakukan promosi dan segera memperbaikinya. Ingat, jangan menjiplak ide mereka, gunakan ide kita, kembangkan ke lebih unik atau lebih menarik.

Lokasi dan Display yang Menarik
Salah satu strategi agar produk anda dikenal banyak orang adalah dengan memilih lokasi atau tempat pemasaran yang strategis, yang mudah dilihat masyarakat umum dan mudah dijangkau. Hal penting lainnya yaitu membuat display atau penataan produk yang menarik, pembuatan logo juga harus kreatif agar mudah diingat oleh pelanggan anda.

Menjalin Hubungan yang Baik dengan Konsumen
Pelanggan adalah raja, ini penting untuk dipertahankan guna menjaga kelangsungan suatu usaha. Jalinlah hubungan yang baik dengan pelanggan, jangan hanya berinteraksi saat terjadi transaksi. Jangan segan memberi pesan singkat saat hari raya keagamaan ataupun ulang tahunnya. Hubungi mereka untuk sekadar menanyakan testimoni mengenai produk usaha anda, minta mereka memberikan saran atau masukan. Informasikan ke mereka saat ada produk yang baru anda keluarkan atau promo yang sedang berjalan..
Konsumen yang diperhatikan dan merasa puas berbelanja akan menjadi loyal terhadap produk anda

Perluas Networking
Melalui pameran-pameran, ajang lomba, show, sebagai sponsor acara dan aneka promo adalah cara efektif untuk membuat networking. Dengan meluasnya networking akan membuat produk anda akan semakin dikenal oleh banyak orang.

Dengan melakukan strategi pemasaran yang tepat, semoga harapan anda untuk membawa produk anda berjejer di lapangan hijau Piala Dunia (suatu saat) akan tercapai. Amin…

.
— Ni Kadek Suryani —
.

Sumber foto : http://worldcupgs.wordpress.com/2014/06/14/2014-world-cup-sponsors-potential-affinity-brands/

Facebook Comments

About Ni Kadek Suryani

2 comments

  1. Vivi Tirta Wijaya

    wah, mbak Ni Kadek seorang Marketer ya? keren strategi marketingnya https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

    • Ni Kadek Suryani

      Saya bukan Marketer Vi…. orang biasa yang suka apa aja hehe.. termasuk suka nulis ttg marketing…..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif