Home » SOSIAL BUDAYA » Motivasi dan Inspirasi » Inspirasi » Hidup dan Kehidupan » Rasa Tidak Suka dan Cemburu

Rasa Tidak Suka dan Cemburu

monyet

Artikel ini masih berkaitan dengan tulisan saya yang pertama, yaitu Rasa Tidak Suka dan Phobia.  Kali ini saya akan membahas salah satu sikap yang menggambarkan  rasa tidak suka yaitu CEMBURU.

Cemburu menggambarkan rasa tidak suka terhadap seseorang, sekelompok orang atau bahkan terhadap sesuatu dan biasanya dilandasi oleh dua hal, pertama, merasa tidak mampu memiliki yang orang lain miliki, dan kedua karena merasa takut kehilangan yang sudah dimiliki.

Merasa Tidak mampu memiliki yang dimiliki orang lain.

Kecemburuan yang dilandasi perasaan tidak mampu memiliki yang dimiliki orang lain umumnya berwujud pada kecemburuan sosial. Misalnya cemburu ketika tetangga memiliki mobil mewah yang bagus, cemburu melihat teman yang wajahnya biasa-biasa saja memiliki istri yang cantik, cemburu melihat wanita yang terlihat biasa-biasa saja memiliki suami kaya, ganteng dan baik.

Respons dari cemburu tipe ini bisa postif dan negatif, bergantung dari bagaimana kita menyikapinya. Respons positif akan membawa kita berpikir bahwa  Tuhan mampu memberikan hal besar bahkan yang tidak pernah atau tidak sesuai dengan yang dipikirkan manusia dan hal ini membawa kita pada suatu pengharapan bahwa kita pun bisa meraih apa yang kita cita-citakan asal ada kemauan.

Respons negatifnya, hal ini akan membawa kita pada rasa iri dan akibatnya membuat kita tidak bersyukur dengan yang kita miliki bahkan akibatnya lagi, hal ini membawa kita untuk bergunjing dan menjelek-jelekan orang yang kita cemburui, bahkan timbul pikiran-pikiran negative lain, misalnya harta yang tetangga miliki adalah hasil korupsi.

Merasa Takut Kehilangan

Contoh nyata dari cemburu karena takut kehilangan yaitu terdapat pada seorang anak yang baru saja mendapat adik baru. Karena takut kehilangan kasih sayang kedua orang tuanya, sering kali si anak akan menunjukkan rasa cemburu dengan membuat ulah untuk mencari perhatian.

Contoh menarik lainnya dari cemburu ini yaitu pada hubungan pasangan lawan jenis, baik hubungan kekesasih ataupun suami istri.  Cemburu bukan hanya kepada orang lain (misal istri kepada wanita lain atau sebaliknya), tetapi cemburu bisa juga kepada teman komunitas pasangan atau bahkan pada sesuatu.

Istri /suami atau pacar akan merasa cemburu bila pasangan lebih senang memilih menghabiskan waktu bersama teman-temannya atau komunitasnya baik nyata maupun maya atau bisa juga menghabiskan waktu mengurus mobil/motor atau hewan peliharaan dari pada bersama keluarga atau pacarnya sendiri.

Cara terbaik mengatasi cemburu seperti ini adalah dengan berkomunikasi, menentukan cara terbaik agar terjadi keseimbangan dan melahirkan kesepakatan.  Bila masih dalam tahap pacaran tentu lebih mudah untuk memutuskan,  karena bila tidak dapat disepakati maka dapat memilih lanjut atau putus. Bila sudah berumahtangga, tentu diperlukan toleransi dari kedua belah pihak.

arianina

Facebook Comments

About ariyani_na

18 comments

  1. untuk jenis yg no 2 : cemburu yang terkontrol, boleh dooooong. katanya kalo gak cemburu gak cinta.https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif
    nice post…
    salam Ketik’ers

  2. wkwkwkwkwkw, sip markusip top markotobbbbb https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif

  3. Boleh bgt mbak ayuuu… Tp jgn berlebihin yaaa hihihi

    Makasih mbak

  4. Hahaha Ini bocah tukang nangis Ada disini jugaaaaa

  5. mbak ariyani, fotonya boleh dong dipasang..
    Makasih atas partisipasinya yah https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

  6. Aku dah Coba Pasang berkali2 … Dan gak bisa2 hiks … Gak mau dia ..

  7. Hehehe…mantap nih artikel…:-)

  8. Boleh Minta tolong pasangin? Ambil Dari profil ku di kompasiana .? Hihihi

    • mbak, apa benar fotonya yang ada di artikel (paling bawah) ?
      maaf mbak, saya tidak bisa membantu upload foto profil, sebab modul yang kita gunakan menggunakan plugin, sehingga harus pemilik akun sendiri yang memasangnya.
      tapi saya tetap akan memandu anda sampai berhasil pasang foto.

      bila benar itu foto anda, silakan copy gambar tersebut ke komputer anda
      kemudian upload melalui https://ketikketik.com/rubah-profil

  9. Makasih mbak melati …

  10. emmm…jel333ssss….em..jel33sss…

  11. Iyaaaa betul … Harus Pake laptop ya.. Gak bisa lewat hape ..

  12. Berhasil.. Berhasil… Horeeee .. Makasih Mas ..

  13. Mbak marullll … Gak boleh jelessssss yaaaa hihihi

  14. katedrarajawen

    Saya gak cemburu kok kalau tulisan ini bagus sekali

    :shakehand2

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif