Home » SOSIAL BUDAYA » Motivasi dan Inspirasi » Inspirasi » Hidup dan Kehidupan » Mengurai Kusut Pikiran dalam Tulisan

Mengurai Kusut Pikiran dalam Tulisan

kusut

Persoalan hidup sudah terlalu banyak, terkadang kita tak mampu lagi mengurai satu-persatu persoalan hingga di kepala rasanya menumpuk dan tak jarang membuat stress. Tak ada manusia yang tidak mempunyai masalah dalam hidupnya, karenanya kita harus cerdas menyikapi, memilah-milah dengan baik agar persoalan-persoalan hidup yang kita hadapi tidak membebani terlalu lama, dan membuat kita letih sendiri hingga membunuh semangat.
Setiap persoalan pasti ada penyelesaiannya, hal ini harus kita yakini adanya. Bagi umat muslim sendiri bahkan Tuhan telah menjamin bahwa dibalik kesusahan itu pasti ada kemudahan. Ada banyak cara orang melampiaskan suntuknya karena dilanda banyak masalah. Mulai dari hal-hal wajar seperti curhat kepada teman, atau curhat di media social yang saat ini juga lebih banyak dilakukan. Juga melakukan hal-hal ekstrim yang merusak diri sendiri, menyimpan sendiri persoalan hidup, hingga wajah menua dari usia sebenarnya dan kebiasaan ini bisa menjadi sumber penyakit dan stress bagi seseorang. Bahkan hingga yang mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.
Ketika dilanda persoalan berat, hati dan pikiran seringkali menjadi tertutup. Dunia rasanya gelap, yang ada hanya kesialan, kegelisahan, ketakutan dan berbaga rasa negative dalam diri. Alangkah baiknya jika ketika ada dalam persoalan pelik, kita berbagi dengan orang lain, tentu saja orang yang bisa dipercaya yang mampu memberikan solusi atau pencerahan kepada kita yang sedang bermasalah. Jangan coba-coba curhat kepada orang yang salah, bukannya membantu yang ada malah menambah rumit persoalan.
Jika anda tipe orang yang tertutup tidak mau bercerita kepada orang lain, maka satu solusi dari saya adalah, uraikan masalah anda dalam bentuk tulisan. Suatu kali saya pernah diajarkan seorang teman, ketika saya merasa mendapatkan masalah berat. Maka saya dikasih pena dan sebuah kertas. Saya diminta menuliskan A sampai Z daftar masalah yang saya miliki. Sayapun melakukannya, alangkah kagetnya saya, karena ternyata masalah saya tidaklah sebanyak apa yang ada di pikiran saya. Persoalan saya bukanlah seruwet yang jadi beban pikiran saya,
Saya sadari bahwa sebenarnya masalah kita menjadi lebih berat oleh pikiran kita sendiri, bukan karena masalah yang kita hadapi. Persoalan kita menjadi lebih sangat menyiksa ketika pikiran kita dipeuhi dan disibukkan oleh reasa takut dan ketidak mampuan untuk memecahkan masalah. Jika seandainya kita tahu apa sebanrnya permasalahan kita, mestinya kita focus pada pencarian solusi, apapun masalah kita saya yakin kita akan menemukan banyak alternatif untuk memecahkan setiap hal yang menjadi masalah kita.
Berawal dari banyaknya masalah yang terjadi dalam hidup ini, lalu kenapa kita tidak mencoba menuliskannya dengan baik. Barangkali cerita kita akan menjadi inspirasi bagi banyak orang, membantu orang lain menemukan solusi untuk masalah yang juga dihadapinya.
Menulis kemudian menjadi hal sangat menyenangkan bagi saya, sejak saya tahu bahwa masalah sebenarnya dalam hidup kita adalah ketika kita tak mampu mengkomunikasikan secara lisan ataupun tulisan apa yang mengganjal di hati dan kepala. Menulis menjadi bagian terapi untuk membantu orang-orang melepaskan beban pikirannya, mengurai benang kusut di kepala. Menyuarakan isi hati yang menyesak.
Menulis menjadi kegiatan menyenangkan tentu saja dengan tulisan-tulisan inspiratif yang bermanfaat bagi orang lain. Tulisan-tulisan yang membangkitkan semangat banyak orang untuk bergerak dari keterpurukan, tulisan yang bukan melemahkan tetapi tulisan-tulisan yang membakar jiwa untuk tetap membangun harapan dalam hidup ini. Bahwa sesuangguhnya kita telah sangat miskin ketika kita telah kehilangan semangat untuk berkarya dan berbuat terbaik dalam hidup.
Salam kenal sahabat, selamat berkarya, teruslah menulis dan suatu saat dirimu akan merasakan manfaatnya yang luar biasa.
Salam Hangat
Fitri

Facebook Comments

About fitri.y Yeye

10 comments

  1. nahhhh betul banget tuh mak bawelll… ada saran yang lebih extrimmm neh dari temenku, nag bisa dicobain…

    uraikan permasalahanmu di dalam secarik kertas, habis itu telan kertas itu…..

    hahahhahahaha… gimana??? apakah anda mau mencobanya????? :afro:

  2. Selamat Datang di KK, Mbak Fitrihttps://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif
    Terima kasih atas artikel perdananya https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

    • makasih mind…maaf baru bali lagi karena kesibukan dan lupa PW kmrin heheh…
      Pak Edy makasih ya…

  3. katedrarajawen

    mau :shakehand2 dulu ah sama ibu ketua K….eh diakku yang dari jauh, apa kabur?
    Tanpa disadar dengan menulis justru saya dapat meluruskan pikiran loh, Diakhttps://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

  4. Ihhh.. ketemu lagi dengan orang satu ini, mak bawellll
    hehehehe… selamat bergabung dik
    :2thumbup

  5. mantep nih…..tfs

  6. Anita Godjali

    Memang menulis bisa mengurai kekusutan pikiran walau tak jarang ketika banyak ide menumpuk tetapi tak mampu mengurai jadi tulisan bikin suntuk juga…, salam kenal Mbak Fitrihttps://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

  7. All..tengkyu komen dan apresiasinya ya..maaf baru sempet balas, karena baru ingat pasword akunnya…maklum mak2 newbe dan rada2 gaptek..meski ga gagap2 amat ahaha.s

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif