Selamat Jalan Masa Kelam

orang-miskin-tak-boleh-bica

www.gentongmiring.com

Jaman sekarang itu adalah jaman serba mahal, barang-barang semuanya pada naik, harga sembako kini meningkat dari harga sebelumnya.Bagaimana rakyat akan hidup bahagia apabila semua harga dinaikan.Pak Katro kini tidak bisa jualan bubur ayam karena tidak bisa membeli beras yang begitu sangat mahal.”Pak Katro gak jualan?”Tanya Norman seorang pelajar SMA.”Bagaimana mau jualan jika harga beras saja mahal.Sedangkan para pembeli tidak mau membeli bubur bapak jika harga buburnya dinaikan!”.Jawab Pak Katro dengan muka yang memelas.”Hmm…emang Pak katro mau menaikan harga bubur berapa?”,”Maunya sih bapak mau menjual harga bubur seharga 2000 rupiah saja”,”Waduh mahal juga ya!!Padahal kupunya uangnya cuman seribu!!!’,”Yaudah Man lain kali aja beli bubur ayamnya jika harga sembako sudah turun!!”,”Waduh….sampai fir’aun disunat dua kali juga harga sembako gakan turun-turun!!”,”Tenang aja Man harga sembako pasti turun.”.Normanpun yang sedang kesal gara-gara Pak Katro tidak jualan langsung pergi begitu saja.

Ketika Norman sedang berjalan kaki dipinggir jalan,Norman melihat seorang pemuda yang berpakaian rapih sedang duduk dibawah pohon kersen.”Waduh….itu orang sedang ngapain ngelamun terus dibawah pohon kersen”Sahut Norman dalam hatinya.Dan Norma pun menghampiri pemuda yang sedang duduk itu.”Maaf Mas,sekali lagi maaf, Mas sedang apa ya ?”Tanya Norman dengan sopan.”Eh kamu De ada apa”,jawab pemuda itu.”Mas lagi ngapain ngelamun terus dibawah pohon kersen?”,”Yah bisaya de”,”biasa apa maksudya?”,”Ya biasa nyari pekerjaan kemana-mana gak ada loowongan.percupa punya gelar S1 tapi masih aja pengangguran”,”Ooo…..Gitu pantesan Mas ngelamun terus!!”,”Jaman krisis sekarang tuh susah nyari kerja tetap,kebanyakan sekarangtuh kerjanya tuh dikontrak.Malah istri saya tuh bulan depan akan melahirkan,sedangkan sekarang masih belum dapat pekerjaan buat biaya persalinan”.Norman dan pemmudaitu terus berbincang bincang sampai tengah hari.Kapan Negara kita ini akan maju seperti Negara-negara lain jika lapangan kerjanyapun kita sangat terbatas.Banyak para pengangguran diluar sana mencari pekerjaan.Mengapa pemerintah tidak memikirkan Rakyatnya sendiri.Selain lapangan kerja yang sangat terbatas,pendidikannya pun sangat minim.Banyak cikal bakal bangsa ingin bersekolah,tapi jaman sekarang sekolah iu sangatlah mahal.Jangankan para orang tua mereka ingin mensekolahkan anaknya jika biya untuk hiduppun mereka susah.Norman seorang pelajar SMA pun berpikir bagimana bangsa kita ini menjadi maju.”Setelah selesai sekolahku nanti sampai perguruan tinggi,aku berjanji akan menjadi angota dewan yang jujur dan bersih tidak seperti bapak berdasi yang sekarang yang kerjaanya menyusahkan rakyat dan memakan uang rakyat.Pantas saja perut mereka pada buncit karena selalu memakan uang haram”.Ucap dalam hati Norman.

Norman yang selalu pergi jalan-jalan bersama teman-temannya untuk melihat-lihat keadaan masyarakat sekitar membuat hatinya menjadi percaya diri bahwa dia akan menjadi anggota dewan suatu saat nanti yang akan merubah sejarah Negara ini menjadi lebih maju dari sebelumnya.Dan merubah jaman Krisis menjadi jaman elit.Agar hidup bangsa kita itu lebih sejahtera dan tidak ada pengangguran dimana-mana dan harga ekonomi yang bisa dijangkau oleh masyarakat.

Beberarapa tahun kemudian Norman lulus dari perguruan tinggi,dia mengambil jurusan politik.Dan Norman pun meraih nilai tertinggi diklampusnya sehingga Norman diangkat oleh pemerintah untuk menjadi angota Dewan.Norman pada saat itu pun sangat bahagia dan janji yang pernah dia katakana dulu,pasti dia tidak akan lupa untuk menjadi anggota dewan yang jujur dan bersih.”Ini adalah langkah awal dari kesuksesan untuk merubah segalanya dan membuat kata jaman krisis itu menjadi sebuah kenangan saja”Ucapa dalam hati Norman dengan penuh percaya diri.Dan bukan saja Norman saja yang ingin merubah jaman krisis ini menjadi jaman yang lebih maju,karena banyak diluar sana orang-orang yang bejuang untuk memajukan bangsa ini.” MAJULAH BANGSAKU MAJULAH NEGERIKU “ itulah moto yang diucapkan oleh Bangsa kita.

Pak katro yang selama ini tidak berjualan bubur ayam kini menjadi jualan lagi bubur ayam,walaupun harganya naik sedikit menjadi seribu lima ratus rupiah.Walaupun harganya menjadi naik sedikit para pelanggan yang setianyapun selalu membelinya.Setiap pak katro berjualan bubur ayamnya selalu habis laku terjua.Sedangkan Pemuda yang asalnya pengangguran kini menjadi manager perusahaan makanan.Karena pemuda itu waktu kuliahnya mengambil jurusan perbusnisan.Dengan adanya kebijakan pemerintah masyarakat kini sanagt lah senang tidak ada kemiskinan lagi.

“ SELAMAT TINGGAL MASA-MASA YANG KELAM “

Facebook Comments

About verdiaja

2 comments

  1. like dan komentar …… dukunganmu adalah semangatku untuk menulis

  2. katedrarajawen

    Kang Verdi, tulisan yang inspiratif tentang kehidupan, masa-masa kelam memang akan berlalu bila kita ikhlas melalui.
    Cuma ada sedikit koreksi soal Norman menjadi anggota dewan. Kalau yang dimaksud DPR, dalam hal ini tentu bukan diangkat oleh pemerintah. Itu sepengetahuan saya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif