Home » SOSIAL BUDAYA » Motivasi dan Inspirasi » Inspirasi » Hidup dan Kehidupan » Personal Branding; Alat Ampuh Promosikan Diri

Personal Branding; Alat Ampuh Promosikan Diri

Siapa sih tak ingin dikenal banyak orang, jadi sorotan dan diketahui publik? Tahukah anda bagaimana cara untuk dapat dikenal orang banyak ? Dikenal melalui image positif atau negatif?
Dikenalnya sosok seseorang di masyarakat baik karena positifnya ataupun karena negatifnya sering disebut sebagai Personal Branding. Saat ini di berbagai media sosial dan di kalangan anak muda mulai banyak digunakan istilah Personal Branding. Tetapi mungkin sebagian diantara kita belum mengetahui apa sih Personal Branding itu?

Personal branding adalah proses dimana orang-orang dan karir mereka ditandai sebagai merek (Wikipedia). Secara umum Personal Branding disamakan dengan pencitraan diri sendiri, layaknya seperti aura dari dalam diri atau dalam bahasa sederhananya sama dengan ‘nama baik’, sehingga langkah dari Personal Branding adalah bagaimana kita memasarkan diri kita sendiri yang dapat mengarah ke branding negatif maupun ke positif.

Munculnya Personal Branding positif ataupun negatif adalah berawal dari pembangunan karakter yang dimiliki masing-masing orang. Karakter tersebut biasanya erat dengan aktifitas apa yang dilakukan sehari-hari, dalam profesi anda, dalam kegiatan anda, bahkan termasuk apa yang anda kenakan. Maka berhati-berhatilah dalam mengeluarkan karakter anda, karena karakter sangat menentukan apakah anda dipersepsikan sebagai person yang positif atau negatif.

Tidak semua orang memiliki Personal Branding yang bagus namun banyak juga orang sukses yang memiliki Personal Branding positif yang membawa posisinya ke dalam kesuksesan baik karir maupun usaha. Jika ingin punya Personal Branding positif maka tampilkanlah sisi positif anda dalam setiap kesempatan. Usahakan tidak ada hal negatif dalam segala perkataan & tindakan  yang dapat merusak proses pembangunan branding anda.

Orang-orang yang memiliki Personal Branding bagus atau positif biasanya lebih menonjol dibandingkan mereka yang tidak memilikinya. Bagi mereka yang memiliki Personal Branding positif umumnya memiliki banyak keuntungan seperti dikenal banyak orang, orang akan senang dan terinspirasi dengan anda,  jika seorang pengusaha anda akan mudah mendapat kepercayaan klien, jika pekerja anda cenderung akan diburu head-hunter, klien, maupun untuk sekedar sharing ilmu

Bagaimana caranya membangun Personal Branding positif pada diri kita, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan :
– Sangat penting untuk mengetahui dan mengenal siapa dan apa passion anda
– Seperti halnya memasarkan suatu produk, buatlah suatu alat atau toolkit branding pribadi anda sendiri maksudnya adalah media yang akan membranding anda, seperti blog, website, kartu nama, video, portfolio dan lainnya. Atau menggunakan media sosial seperti facebook, twitter, path dan lainnya
– Tulislah hal-hal yang menjadi kekuatan anda, seperti keahlian, aktivitas yang pernah diikuti, kegiatan sosial, data akademik, atau kegiatan lainnya yang mendukung brand positif anda. Berhati-hatilah menulis di seluruh media tersbut, janganlah menulis yang akan mengundang pembaca atas perubahan penilaian kepada diri anda.
Personal Branding positif akan semakin kuat jika semakin banyak orang yang mengenal anda, maka bicaralah kepada dunia melalui media tentang branding anda. Lakukan kontak atau silahturahmi kepada orang lain untuk memperluas networking anda. Semakin luas networking akan semakin banyak orang yang mengenal anda.
– Sesuatu yang anda bangun dapat cepat punah jika tidak dijaga, maka jagalah, update-lah informasi jika anda memiliki keahlian baru, penambahan skill atau penambahan pengalaman anda, biarkan mereka baca, biarkan mereka mengetahui karena suatu saat mereka akan menghubungi anda karena Personal Branding positif anda tersebut.

Apakah anda seorang pengusaha, eksekutif, karyawan, pelajar, mahasiswa, atau pejabat perlu Personal Branding yang positif. Tetaplah menjaga dan menguatkan Personal Branding positif yang ada pada diri anda, karena Personal Branding positif adalah satu hal yang sangat penting, dan menjadi syarat utama dalam menunjang kesuksesan seseorang.

.

— Ni Kadek Suryani —
.

Dirangkum dari berbagai sumber
Sumber foto : http://cvbay.co.uk/

Facebook Comments

About Ni Kadek Suryani

3 comments

  1. katedrarajawen

    Poin poin yang menarik, Ni Kadek, jaman sekarang sebuah branding memang dan membantu, tapi ngomong2 apa branding saya yahttps://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif

  2. Ni Kadek Suryani

    @josephinewinda:….makaciiii say…. @katedrarajawen: bingung ya hehe yuuk buat brand baru..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif