Home » SOSIAL BUDAYA » Motivasi dan Inspirasi » Inspirasi » Hidup dan Kehidupan » Budget Terbatas? Cara Pemasaran ini Dapat Dilirik

Budget Terbatas? Cara Pemasaran ini Dapat Dilirik

Setiap usaha yang baru dimulai tentu memerlukan tahapan memasarkan produk yang dihasilkan. Proses memasarkan atau promosi bertujuan untuk menyampaikan pesan kepada calon pelanggan agar mereka mulai mengenal, mengetahui, membeli dan mengingat produk yang ditawarkan. Tahapan promosi ini penting dilakukan karena tanpa promosi, produk yang dihasilkan tidak akan sampai ke tangan konsumen yang disebabkan karena mereka tidak mengetahui adanya produk tersebut.

Budget merupakan kendala utama dalam tahapan pemasaran ini mengingat biayanya yang tinggi yang menjadi pertimbangan bagi pengusaha baru. Namun ada beberapa cara pemasaran dengan budget yang terjangakau yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan produk ke calon pelanggan.

Berikut dapat anda lakukan dan sesuaikan dengan sasaran pangsa pasar dan kemampuan finansial anda :

Word of Mouth. Dianggap cara promosi yang paling murah karena hampir tidak membutuhkan budget tertentu. Cara promosi word of mouth atau dari mulut ke mulut memiliki kekuatan sendiri untuk penyebaran produk. Dengan membentuk komunitas contohnya, adalah satu cara yang paling efektif, komunitas umumnya terdiri dari orang-orang yang memiliki cita rasa, minat dan kecintaan yang sama atas suatu produk. Dari komunitas inilah yang akan membawa informasi dari mulut ke mulut yang akan diketahui oleh orang lain.

Beriklan. Cara ini membutuhkan budget yang cukup tinggi karena dilakukan melalui media cetak, radio, maupun televisi. Namun promosi online saat ini dapat dilakukan, dianggap sebagai promosi yang paling efektif mengingat penggunaan internet sudah menjangkau berbagai kalangan. Selain itu, juga banyak tersedia tempat promosi gratis yang dapat dimanfaatkan seperti melalui facebook, tweeter atau media sosial lainnya. Susunlah kata-kata dan gunakan foto-foto yang baik agar pelanggan yang anda sasar cepat tertarik dengan produk anda. Pembuatan tagline juga akan sangat membantu, kata-kata yang singkat, padat dan jelas sangat disarankan dalam penyusunan tagline. Tagline berfungsi sebagai lem perekat pada alam bawah sadar setiap calon konsumen untuk selalu mengingat produk anda.

Program Promo. Buatlah acara promo untuk produk anda, lakukan pada acara-acara penting bagi masyarakat seperti saat menyambut hari-hari besar tertentu, tahun baru ataupun hari raya keagamaan. Program promo ini dapat diberikan dalam bentuk potongan harga, pemberian sample produk, hadiah, hingga pemberian barang gratis. Cara ini juga masih dianggap efektif meningkatkan minat membeli karena pelanggan akan tertarik mendapatkan sesuatu lain disamping produk yang dibelinya.

Testimoni. Testimoni adalah umpan balik yang diberikan oleh pelanggan tentang produk yang dibelinya. Cantumkan Testimoni pada website atau katalog perusahaan anda karena akan dapat membantu dalam proses mempromosikan kembali ke orang lain. Testimoni dapat berupa saran atau masukan positif dan negatif. Untuk Testimoni negatif, usahakan memberikan jawaban atau tanggapan yang bijaksana dan gunakan sebagai masukan untuk perbaikan usaha kedepannya.

Brand Image. Yang juga harus dilakukan agar orang semakin mengingat produk anda adalah dengan membuat orang mengenal brand anda. Promosi tidak hanya sekedar memperkenalkan produk saja tapi merupakan proses branding brand dari produk tersebut. Mem-branding image adalah menjadikan barang atau jasa yang ditawarkan melekat kuat dalam setiap pikiran orang. Buatlah branding image yang sederhana dan menarik agar mudah diingat. Seperti contoh branding image yang saat ini telah terkenal dan melekat di pikiran masyarakat misalnya  restoran waralaba McDonalds, Kentucky Fried Chicken, Pizza Hut, sepatu Nike, jam tangan Rolex, mobil Toyota, Suzuki dan sebagainya. Siapa tahu suatu saat nanti branding image produk anda menjadi bagian dari deretan produk-produk tersebut.
.

— Ni Kadek Suryani —

.

Sumber foto : http://www.costantinopoli104.it/en/sconto-prenotazioni-dirette/

Facebook Comments

About Ni Kadek Suryani

10 comments

  1. sosial media sepertinya sekarang memang benar ampuh.. sip infonya :D

  2. katedrarajawen

    Testemoni atau brand image dengan produk yang terjamin dan layanan yang baik, memang menjadi biaya promosi yang murah tapi efektif, dalam hal testemoni saya lebih yakin kepada yang disampaikan dari mulut ke mulut, Ni KAde:) bermanfaat

    • Ni Kadek Suryani

      Yuup setuju… promosi dari mulut ke mulut paling murah tapi memiliki kesan yang paling kuat, baik kesan positif maupun negatif…. Makasi katedrarajawen :)

  3. Romi Febriyanto Saputro

    Alternatif yang menarik

  4. tips yang menarik dan jarang diblow-up sebelumnya ;) good.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif