Home » SOSIAL BUDAYA » Motivasi dan Inspirasi » Inspirasi » Hidup dan Kehidupan » Tiga hubungan dasar manusia

Tiga hubungan dasar manusia

 Manusia adalah makhluk  yang tidak mampu hidup sendiri, manusia membutuhkan manusia lainnya untuk menikmati dan menjalani kehidupan ini. Kita mau membeli beras apabila tidak ada penjual beras mau beli beras dimana , penjual beras bila tidak ada stok beras dari petani apa yang mau mereka jual, petani apabila tidak ada alam yang menyediakan lahan yang subur, mau menanam padi dimana. Manusia  memang sangat ketergantungan dengan manusia lain dan alam.

Ada tiga hubungan dasar yang harus kita ketahui : (1) hubungan manusia dengan sang pecipta, (2) hubungan manusia dengan manusia dan (3) hubungan manusia dengan alam. Ketiga hubungan ini harus seimbang antara satu dan lainnya.

  1. Manusia dengan sang pencipta.

Manusia jelas diciptakan oleh Maha pencipta, tidak ada manusia yang hidup tanpa ada kehendak dari sang pencipta. Apakah ada manusia yang hidup karena kehendak dirinya sendiri, jelas tidak mungkin ada. Pertanyaannya bagaiman cara kita menjaga hubungan baik dengan sang pencipta ? jawabannya adalah menjauhi segala larangannya dan menjalankan perintahnya, selalu bersyukur, dan selalu memanfaatkan segala peluang yang diberikan oleh sang pencipta. Manusia terkadang lupa dengan nikmat yang diberikan oleh sang pencipta kepada dirinya, lupa berterimakasih dan selalu mudah menyerah. Bayangkan betapa indahnya hidup ini bila kita selalu bersyukur dan menikmati apapun yang terjadi dalam menjalani kehidupan ini. Musibah kita anggap sebagai bentuk cinta ALLAH kepada kita, rejeki kita anggap nikmat yang tidak harus kita nikmati sendiri.

  1. Manusia dengan manusia .

Manusia tidak bisa hidup sendiri. Hanya kesulitanlah yang akan di dapat jika manusia hidup sendiri, sudah kodratnya manusia hidup itu berdampingan dan saling tolong menolong. Manusia memiliki sifat yang berbeda-beda tentu sulit untuk memahami satu manusia dan manusia lainnya. Menjaga hubungan baik dengan manusia lainnya tentu bukan sesuatu yang mudah, adat istiadat yang berbeda dan agama yang berbeda juga. Kuncinya agar hubungan baik dengan manusia lainnya tetap terjaga adalah toleransi dan menghormati. Hidup penuh dengan toleransi akan indah jadinya, bila ada suatu suku mengadakan upacara adatnya, janganlah melarang ataupun membubarkan acara tersebut. Ketika kita mencoba untuk membubarkan acara adat tersebut tentu akan terjadi konflik. Ketika konflik terjadi dan perang antar suku terjadi, akan banyak kerugian yang kita rasakan, rusaknya fasilitas hidup, nyawa melayang sia-sia. Sebagai manusia yang sama-sama memiliki hak untuk menjalani kehidupan ini maarilah kita bersama menjaga hubungan ini dengan kasih sayang dan penuh dengan toleransi.

  1. Manusia dengan alam.

Indahnya dunia ini tidak terlepas dari keindahan alam yang penuh dengan beraneka ragam  flora dan faunanya. Alam adalah bagian terpenting dalam hidup ini, bila tidak ada alam tentu kita tidak bisa merasakan udara sejuk, kita tidak bisa menulis di kertas, kita tidak bisa duduk dikursi, kita tidak bisa merasakan empuknya bantal dan guling, dan masih banyak lagi keuntungan dan kenikmatan yang diberikan alam kepada kita. Namun ada sebuah masalah yangn terjadi hari ini, ketika kita menikmati kekayaan alam ini kita lupa untuk berterimakasih kepada alam. Bagai kacang yang lupa akan kulitnya atau bisa dibilang habis manis sepah di buang. Kita ambil kita keruk semua kekayaan alam ini lalu kita tinggalkan begitu saja tanpa ada balas budi dan ucapan terimakasih. Sekarang kita bisa lihat banyak sekalil bencana alam akibat kelakuan kita yang lupa untuk membalas budi kepada alam yang permai ini.

Tanah longsor, banjir dimana-mana, seharusnya kita sadar dan mampu melihat dengan mata yang lebar. Semua ini terjadi karena kita tidak menjaga hubungan baik dengan alam, tidak banyak tuntutan yang diberikan alam kepadaa kita, bisa saja alam berkata “kau manfaatkan kekayaanku dan jagan kau lupa untuk mengembalikannya” kita ambil pohon satu maka kita harus menanam satu pohon juga. Itulah yang jelas diinginkan oleh alam.  “jaga aku maka aku akan menjaga mu”, bila kita sudah menjaga hubungan baik dengan alam maka keseimbangan lah yang akan terjadi. Jika sudah seimbang maka tidak akan ada kerusakan yang terjadi.

Menjaga 3 hubungan ini agar tetap seimbang tidaklah mudah, hanya manusia yang mau dan ingin membuka mata dan hatinya lah yang dapat merasakan betapa pentingnya keseimbangan 3 hubungan ini. Sesungguhnya bila semua hubungan ini terjaga baik dan seimbang maka semua akan baik-baik saja, tidak ada kerusakan, tidak ada kesusahan atau kesulitan dalam menjalani hidup.

Benny Wijaya.

Facebook Comments

About bennywijaya

3 comments

  1. Romi Febriyanto Saputro

    Seimbang dalam hubungan dengan ke 3 nya akan melahirkan harmoni yang indah

  2. wah memang harus seimbang

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif