Home » SOSIAL BUDAYA » Motivasi dan Inspirasi » Motivasi » Tips untuk Fokus pada Tujuan (Impian)

Tips untuk Fokus pada Tujuan (Impian)

 fokusSetiap orang dalam hidupnya pasti memiliki sebuah tujuan. Dan resikonya, mereka harus mau berjuang untuk meggapai apa yang menjadi tujuannya tersebut. Namun terkadang, tidak sedikit, beberapa dari mereka menyerah di tengah jalan. Mereka beralasan karena terlalu sulitnya menempuh problematika yang ada saat mereka mulai bergerak memperjuangkan apa yang  menjadi tujuannya. Padahal, jika mereka tidak mengeluh dan terus berjuang, mereka pasti akan mencapai tujuan mereka dengan penuh kepuasan.

Apakah mungkin kita bisa mendapatkan sesuatu tanpa berjuang? Mungkin iya, jika ada orang yang memberikannya kepada kita. Tapi itu ada kelemahannya. Pertama, pemberian tersebut tentu tidak akan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Kedua, tidak mungkin  setiap hari kita akan mendapatkan pemberian berkelanjutan.

Jadi, kalau semisalnya kita ingin mendapatkan sesuatu tanpa capek bersusah payah dan mengeluarkan keringat perjuangan, silakan saja tidur lelap dan bermimpi indah.

Bisa ditarik kesimpulan bahwa perjuangan untuk mencapai sebuah tujuan itu memang penting. Akan tetapi, sayangnya, banyak orang yang terlalu mudah terkecoh oleh banyaknya gangguan kecil dan tak penting yang mengganggu tingkat kefokusan. Padahal untuk meraih hasil terbaik, kita harus fokus dengan apa yang sedang dilakukan dan fokus pula pada tujuan yang ingin dicapai. Begitu sebuah kefokusan terganggu, biasanya kita akan lupa dengan tujuan awal. Itulah dalang yang membuat orang sulit untuk berhasil.

Di satu sisi kita sadar harus fokus, tapi dunia ini seakan penuh dengan hal menarik yang tidak segan mengganggu kefokusan kita. Hal-hal menarik tersebut, biasanya tidak penting, selalu menggoda dan merayu tak jemu untuk menghentikan apa yang sedang kita lakukan. Ibarat seorang wanita cantik dan seksi yang numpang lewat di hadapan kita. Kita jadi terdiam, fokus terpecah dan buyar, ngiler pun kita tidak sadar.

Hal-hal seperti ini sangat lumrah terjadi ketika kita mulai melakukan sesuatu, kemudian berhenti untuk melakukan hal lain, terus kembali bekerja, lalu berhenti untuk melakukan hal lain lagi dan seterusnya. Semua itu membuat kita sulit  fokus yang akhirnya memperlambat waktu yang kita butuhkan untuk mengerjakan sesuatu dan menyelesaikannya. Imbasnya, produktivitas kita pasti akan menurun.

Di kesempatan kali ini, saya akan mencoba memberikan 4 tips agar bisa tetap fokus dengan apa yang  diinginkan tanpa terganggu oleh siapa pun atau apa pun.

Tips #1: Bersihkan pikiran anda dari apa pun yang mengganggu kefokusan anda.

Apakah yang membuat kita pecah fokus? Biasanya dikarenakan banyak pikiran negatif yang berseliweran di otak yang mengecoh pemikiran. Hal ini memicu kefokusan kita menjadi buyar dan bahkan lupa dengan apa yang kita cita-citakan.

Disamping itu, aktivitas-aktivitas seperti terlalu terlena menggunakan gadget dan lainnya tentu saja dapat membuyarkan kefokusan dan memperlama tujuan anda dapat tercapai. Itulah yang saya sebut sebagai aktivitas pengacau fokus. Dan semua itu harus disingkirkan jauh-jauh. Jauhkan diri kita dari apa pun yang bisa menggoda kita keluar dari jalur fokus. Jika pikiran kita bersih, tidak memikirkan apapun yang mengganggu kefokusan kita, itu akan mempermudah kita menggapai apa yang dicita-citakan. You are what you think. Don’t underestimate the power of thinking.

Tips #2: Tulislah dengan Jelas Apa yang Menjadi Target (Impian)

Setelah pikiran kita bersih dan dapat fokus, langkah selanjutnya adalah kita harus tegas dalam menuliskan apa-apa yang menjadi target (impian) kita. Ingat, hal ini penting agar kita dapat berusaha maksimal memperjuangkannya. Mulailah fokus menuliskan semua target kita dengan urutan prioritas. Hal ini nantinya akan mempermudah kita untuk bergerak. Start from now, please write all of your targets clearly and wisely.

Tips #3: Berpegang teguhlah pada Prinsip.

Ketika kita telah menuliskan apa yang ingin dicapai, biasanya kita akan berupaya untuk menggapainya dengan semangat. Namun jangan salah, berbagai rintangan kecil yang  menghadang tidak jarang akan membuat fokus perjuangan kita kabur. Maka jangan heran jikalau semangat berjuang menggapai sebuah tujuan sering naik-turun.

Hal ini tentunya sangatlah disayangkan ketika kita mepunyai tujuan (impian) besar namun terhenti dikarenakan sesuatu hal yang sepele. Maka solusinya, berpegang teguhlah dan fokus pada prinsip yang telah diikrarkan. Jadikanlah prinsip itu sebagai pemacu semangat dan cambukan bagi kita untuk terus berjuang. Keep focus on your principle. Remember it,please!

Tips #4: Lakukanlah dengan Ulet, Tekun, dan Sungguh-sungguh

Setelah pikiran bersih, target sudah jelas tertulis, dan berpegang teguh pada prinsip, maka tips terakhir adalah lakukanlah dengan penuh keuletan, ketekunan, dan sungguh-sungguh dalam menggapai semua yang diinginkan. Cobalah buat sebuah imajinasi kesuksesan yang dapat meningkatkan semangat dan kefokusan kita. Terlebih, bayangkanlah selalu raut wajah orangtua yang akan sangat bahagia jika melihat anaknya sukses. Jadi, berjuanglah maksimal dengan fokus pada prinsip terhadap apa yang diinginkan sampai titik darah penghabisan. If you want to get something that never you get before, you should do the effort that you never do before. On the other hand, you must fight maximally and seriously.

Itulah 4 tips yang dapat saya bagikan. Semoga 4 tips diatas dapat memberikan pencerahan bagi pembaca agar bisa lebih fokus terhadap apa yang menjadi tujuan dan cita-cita. Janganlah ragu untuk bermimpi. Bermimpilah sebanyak-banyaknya selagi itu gratis. Namun, jangan hanya sekadar mimpi, lakukanlah sebuah tindakan nyata yang jelas dan fokuslah pada tujuan. If you believe to your own self that you are able to reach all of your goals, so do everything you can do as well. don’t ever think that you are nothing. Make sure yourself that you are able to be something. (Ramlan).

Facebook Comments

About ramlan

16 comments

  1. makasiih atas sarannya… saya termasuk orang yang susah fokus dengan impian memang… suka kesana kesini :(

  2. katedrarajawen

    Empat poin yang sangat bernilai, tentunya perlu ditambah dengan ketulusan dalam proses dan pada akhirnya pasrah dengan hasil yang akan dicapai

    • Betul, Mas. Segala sesuatu memang memerlukan proses, dan kita harus menikmati proses itu.

      Untuk hasilnya, mari tawakalkan saja kepada Nya :)

  3. Ni Kadek Suryani

    Tulisan yang sangat memotivasi, lets keep focus .. :)

  4. Vivi Tirta Wijaya

    saya termasuk orang yang beruntung bisa membaca tulisan ini, di saat saya membutuhkan pencerahan.
    kadang, saya suka takut apabila ada masalah-masalah di saat saya ingin mencapai tujuan.
    saya suka semua quotenya, terutama yang ini: If you want to get something that never you get before, you should do the effort that you never do before. On the other hand, you must fight maximally and seriously.
    Terima kasih sekali atas tulisannya. Let’s dream and reach your dream https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

    • Terima telah berkenan berkunjung dan membaca tulisan kecil saya ini :)
      Semoga memang bermanfaat :)
      Semangat.

  5. Ramlan Setiawan

    Luarbiasa :D

  6. Romi Febriyanto Saputro

    Kesuksesan itu berawal dari mimpi-mimpi indah

    • yups. Akan tetapi, jangan cuman bermimpi, tapi berjuang dan bergerak mewujudkan mimpi indah tersebut :D

  7. ya semoga ajak impian itu menjadi kenyataan

  8. Semoga impian kita bersama menjadi kenyataan :) https://ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif