Home » SOSIAL BUDAYA » Tips dan Trik » Tips Berhemat di Bulan Ramadhan

Tips Berhemat di Bulan Ramadhan

hemat

wadahtulis.blogspot.com

Bulan ramadhan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua ummat Islam sedunia. Bulan yang sakral ini memiliki berbagai macam nama. Diantaranya ; bulan penuh rahmat, bulan penuh ampunan, bulan berlipat gandanya pahala, bulan penuh berkah, bulan yang suci dan lain sebagainya. Di bulan ini, semua orang berlomba-lomba dalam hal kebaikan. Mereka menyambut bulan ramadhan dengan penuh suka cita.

Di bulan puasa ini, seharusnya pengeluaran keuangan pun dapat terkendali. Akan tetapi, ada sebagian orang yang tetap belum bisa berhemat. Biasanya, mereka membeli sesuatu dalam kuantitas yang banyak untuk berbuka puasa dan sahur tanpa memperhitungkan berapa banyak uang yang harus dikeluarkan.

Bagi seorang perantau yang jauh dari orangtua, hal ini tentu sangat tidak baik karena akan menyiksa diri sendiri ketika uang mendadak habis. Nah, berawal dari sanalah saya tertarik untuk memberikan tips berhemat selama bulan ramadhan. Tips ini insya Allah manjur untuk kamu semuanya yang mau menjalankan. Disimak baik-baik ya guys. Let’s check this out!

1. Buat Tulisan gede di kamar “AKU HARUS BISA MENGHEMAT”

Buat kamu yang tidak bisa menahan hasratmu untuk memenuhi isi perut secara berlebihan, ada baiknya kamu melakukan tips ini. Buatlah tulisan “Aku Harus Bisa Menghemat” di kamarmu. Letakkan tulisan tersebut di tempat yang sering kamu lihat. Yakinlah, secara tidak langsung tulisan ini akan membantumu atau mensugesti dirimu untuk berhemat. Just try it!

2. Cobalah membuat masakan sendiri

Bagi yang sudah jauh dari orangtua atau jadi anak kos-kosan, terkadang segalanya pengen serba praktis. Padahal, jika berusaha untuk membuat masakan sendiri itu akan menghemat pengeluaran loh. Misal, kamu membeli seporsi makanan untuk sahur seharga Rp. 10.000, bandingkan ketika kamu memasaknya sendiri? Paling, biaya yang dikeluarkan akan kurang dari itu. Benar kan? Apalagi kalau kamu makannya cuman mie rebus. Pasti hemat banget, kan?

3. Deketin temen yang baik hati, rajin menabung, dan tidak sombong

Jika keadaan dompet kamu sudah kritis banget, kamu bisa menjalankan tips ini. Coba kamu deketin teman kamu yang baik hati, rajin menabung, dan tidak sombong. Biasanya, temen seperti itu nanti akan peka loh kalau dideketin, dan pada akhirnya dia akan mentraktir makan kamu. Wah, lumayan bukan? Akan tetapi, jangan keseringan ya. Nanti, khawatir kamu malah disangka “deket kalau ada maunya” tips ini sangat disarankan juga ketika kamu menghadapi tanggal tua.

4. Jadilah PPTG (Para Pemburu Takjil Gratis)

Di bulan puasa ini, biasanya banyak sekali acara-acara buka bersama yang diadakan. Entah cakupannya di lingkungan kampus, kampoeng, kota, dan lain sebagainya. Maka, manfaatkanlah kesempatan ini dengan baik olehmu. Lumayan kan dapat menu buka puasa gratis terus? Dan yang paling penting adalah pengeluaran kamu bisa ditekan loh dengan cara ini. Tertarik?

Silakan cari informasi dari siapapun, entah teman, pacar, ketua RT, satpam, de el el tentang acara buka bersama ini. Nanti, kamu list satu per satu deh acaranya. Bila perlu, kamu wajib memiliki acara buka bersama gratis setiap hari sampai menjelang lebaran nanti. Kalau sampai berhasil, yakin kamu bisa menghemat habis-habisan. Oh iya, jangan pernah malu menjadi seorang pemburu takjil gratis ya selama itu baik buat kamu. Yakinlah, tips terakhir ini sangat manjur loh buatmu.

Nah, itulah guys tips berhemat selama bulan Ramadhan dari saya. Semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi kamu-kamu semua untuk berhemat ya. Terima kasih. (Ramlan).

Facebook Comments

About ramlan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_bye.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_negative.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yahoo.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_rose.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_smile.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_sad.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif 
https://www.ketikketik.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif